Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday, 6 February 2019

Pentas Barongan Anak di Taman Baca dan Budaya Cethik Geni


Cepu, Harianblora.com - Ratusan pelajar SMA, SMK, Universitas dan pemuda Karang Taruna desa se- Kecamatan Cepu mengikuti kegiatan budaya dan pengenalan pustaka di Taman Baca dan Budaya Cethik Geni. Tak hanya itu, mereka juga belajar cara menjadi event organizer yang handal. Acara ini diikuti 13 sekolah setingkat SMA dan SMK serta 3 universitas di kecamatan Cepu.

Pengelola Taman Baca dan Budaya Cethik Geni, Rita Oktaviana berterimakasih dengan banyaknya dukungan untuk taman baca yang baru berusia setahun lebih ini. Dukungan ini datang sejumlah lembaga, baik pemerintah maupun swasta.

“kita berterima kasih sekali atas kerja sama dan perhatian dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora, Pemerintah Desa Kapuan dan Karang Taruna di 8 Desa sekitar Taman Baca dan Budaya Cethik Geni, lembaga pendidikan,penggiat literasi di Kabupaten Blora (taman baca Gubuk Baca), lembaga non pemerintah (Hotel Kyriad Arra - Cepu dan ExxonMobil Cepu Limited) serta para seniman . Acara ini diharapkan dapat bermanfaat untuk generasi muda khususnya dalam berperan  untuk memajukan daerahnya, karena dalam workshop ini generasi muda diajak memahami dan menguasai untuk membuat suatu acara, program dan meningkatkan potensi serta kreatifitasnya. selain itu mereka juga diajak untuk peduli dengan Gerakan Literasi. Kami menyajikan juga kesenian karawitan dan Barongan supaya para peserta juga tertarik untuk ikut melestarikan budaya lokal serta penyajian santapan ala desa yang seharusnya kita bangga untuk mempromosikan,” ungkap Rita, Minggu (20/01).

Dalam agenda bertajuk Workshop Event Organizer Youth Act, yang berlangsung di Joglo Taman Baca dan Budaya Cethik Dusun Wangkot Desa Kapuan Kecamatan Cepu Kabupaten Blora ini, peserta juga mendapatkan berbagai wawasan baru.

Kegiatan diawali dengan penampilan Barongan Anak yang ditampilkan anak-anak Dusun Wangkot Desa Kapuan. Barongan makin meriah dengan iringan gamelan nan ritmis yang dimainkan tangan-tangan lihai bocah Kapuan.

Diskusi pertama, peserta mengikuti paparan tentang kegiatan hulu sebuah perusahaan minyak terkemuka, Exxon Mobil Cepu Limited. Ternyata, para peserta yang seluruhnya berusia remaja ini sangat antusias dengan paparan ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora, tentang pentingnya keterampilan literasi di era global.

Di penghujung acara, peserta diajak berlatih menjadi Event Organizer yang handal dengan bimbingan dari General Manager (GM), Horel Kyriad Arra Cepu, Muhammad Yusuf. Tak hanya paparan, peserta juga dilatih melalui metode simulasi EO. selain itu pihak Hotel Kyriad Arra juga tertarik untuk bekerjasama dengan masyarakat setempat melalui Cethik Geni untuk menarik wisatawan mancanegara dan berkunjung ke Cethik Geni untuk wisata Budaya dan Kuliner. (hb55/hms).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pentas Barongan Anak di Taman Baca dan Budaya Cethik Geni Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora