Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 15 December 2017

Branding Blora Kota Barongan Makin Kuat Lewat Festival Barong IV

Blora, Harianblora.com - Pelaksanaan Festival Barongan Nusantara IV tahun 2017 yang dilaksanakan di Alun-alun Blora, Selasa (5/12/2017) berjalan lancar. Meskipun pelaksanaan tahun ini agak sederhana, namun antusias penonton tetap meriah menyaksikan delapan tim penampil. Festival dimulai pada pukul 19.00 WIB dan dibuka oleh Bupati Djoko Nugroho yang diwakili oleh Wakil Bupati Arief Rohman M.Si.

Sejak sore, ribuan penonton mulai memadati Alun-alun untuk menyaksikan pertunjukan seni barong. Mereka rela menunggu hingga hari petang karena ingin menjadi saksi perhelatan yang sudah keempat kalinya dilaksanakan sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Blora ke 268.

Tampilan dibuka dengan atraksi dari grup Seni Barongan Singo Lodra dari Kecamatan Todanan. Grup ini menampilkan garapan barongan gaprak. Seolah mengingatkan pertunjukan barongan zaman dahulu yang identik dengan gaprakan. 

Tak hanya barongan dari Blora saja, festival juga diramaikan berbagai tim kesenian dari wilayah lain. Diantaranya Tari Kolosal Kultur Blora dari UNISRI Solo, Tari Banjaran Kembang Pegon dari Tuban Jatim, Tari Barongan Geprak Nara Sima dari ISI Surakarta, Tari Gebrag Barong dari Purwakarta Jawa Barat dan Tari Murwokala Narasima dari Kopra Solo.

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dalam sambutannya menyakbut baik festival yang dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Blora ke 268. Ia berharap barongan semakin membumi di Kabupaten Blora dan dilestarikan sebagai aset budaya lokal yang bisa dipertunjukkan untuk menarik kunjungan wisata budaya.

“Saya mewakili Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang menyelenggarakan festival ini. Semoga kedepannya bisa ditingkatkan lagi secara kualitas dan kuantitasnya. Tahun depan diupayakan harus lebih meriah lagi dengan peserta yang lebih banyak sehingga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Blora,” ucapnya.

Di sela festival juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) antara Pemkab Blora dengan ISI Surakarta tentang kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi serta penyerahan sertifikat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang pengakuan Seni Barongan Blora sebagai warisan budaya tak benda dari Kabupaten Blora. (hb33/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Branding Blora Kota Barongan Makin Kuat Lewat Festival Barong IV Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora