Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Friday 15 December 2017

Ziarah ke Makam Bupati Blora Tempo Dulu Warnai Hari Jadi Blora ke 268

Blora, Harianblora.com - Menjelang peringatan Hari Jadi ke 268 Kabupaten Blora pada 11 Desember 2017 mendatang, Pemkab Blora pada hari ini, Senin (4/12/2017) melaksanakan kegiatan ziarah ke makam Bupati tempo dulu serta beberapa tokoh pendiri Blora.

Ziarah dipimpin langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, diikuti Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, Ketua DPRD Ir. H. Bambang Susilo, Dandim 0721/Blora Letkol Inf. Susilo S.Sos, Wakapolres Kompol Indriyanto Dian Purnomo SH, Kepala Kemenag Blora Nuril Anwar, Sekda Drs. Bondan Sukarno MM, dan seluruh Kepala OPD.

Ada beberapa lokasi makam yang diziarahi, yang pertama adalah Makam Bupati tempo dulu Komplek Tirtonatan Desa Ngadipurwo, Makam Sunan Pojok Kelurahan Kauman, Makam Butoh Kelurahan Kunden yang ketiganya berada di Kecamatan Blora Kota, serta ke Makam Basuki Widodo di TPU Giri Mulyo Kecamatan Cepu.

Kegiatan ziarah dilakukan dengan pembacaan tahlil bersama dan tabur bunga. Seluruh peserta ziarah mengenakan pakaian adat Jawa Solo, yakni beskap landung tanpa keris.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ziarah hari jadi ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai wujud penghormatan kepada para pemimpin yang telah berjasa membangun Kabupaten Blora di masa lalu.

“Ziarah dilakukan sebagai wujud penghormatan dan mengirimkan doa agar para tokoh dan sesepuh Blora yang telah meninggal diberikan tempat terbaik di Sisi Nya,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan Kabag Humas dan Protokol Setda Kab.Blora, Ngaliman SP, MMA, menyatakan bahwa ziarah tidak hanya dilakukan oleh satu rombongan saja, melainkan dibagi dua.

“Khusus di makam Mr.Iskandar, Mantan Bupati Blora 1945 Makam Butoh Kelurahan Kunden dilakukan oleh Staf Ahli Bupati Purwadi Setiyono, Asisten 2 Sekda Slamet Pamudji SH, M.Hum, dan beberapa Kepala OPD. Lainnya ke Ngadipurwo, Sunan Pojok dan Cepu,” ujarnya.

Setelah ziarah, rangkaian kegiatan Hari Jadi ke 268 akan berlanjut besok pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2017 dengan Jamasan Pusaka dan Kirab Pusaka. Sedangkan puncaknya akan digelar Kirab Budaya tepat 11 Desember 2017 atau Senin depan. (red-hb33/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ziarah ke Makam Bupati Blora Tempo Dulu Warnai Hari Jadi Blora ke 268 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora