Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Friday 23 February 2018

Inilah Agenda Pesta Siaga Blora tahun 2018

Blora, Harianblora.com - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Blora, pada hari Kamis (22/2/2018) melaksanakan Pesta Siaga 2018 yang diikuti perwakilan 16 Kwarran dari 16 Kecamatan se Kabupaten Blora. Bertempat di SMP Negeri 1 Bogorejo, Pesta Siaga dibuka langsung oleh Bunda Dra. Umi Kulsum bersama Bupati Djoko Nugroho sebagai Kamabicab dan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si selaku Ketua Kwarcab Blora.

Saat pembukaan yang dikemas dalam upacara, Umi Kulsum sebagai Pembina Upacara mengucapkan selamat berlomba kepada anak-anak Siaga dan berpesan agar selalu berani untuk tampil meraih prestasi demi kemajuan bersama.

“Bunda sangat bahagia bisa hadir di tengah adik-adik semua. Kalian semua adalah anak-anak pilihan dari 16 Kecamatan untuk tampil disini dalam Pesta Siaga. Jangan takut, jangan minder. Kalian harus berani mempertunjukkan kemampuan kalian. Yang paling tergiat nanti akan diajak jalan-jalan ke Pesta Siaga tingkat wilayah Pati,” ujarnya.

Umi Kulsum yang tidak lain istri Bupati Djoko Nugroho ini juga berpesan kepada anak-anak untuk ikut menjaga dan menyayangi lingkungan. Terlebih saat musim hujan seperti ini kerap terjadi banjir dan tanah longsor.

“Ayo kita tanam pohon sebanyak-banyaknya di sekitar kita agar alam tidak rusak. Sehingga saat musim hujan seperti ini tidak terjadi banjir dan tanah longsor. Selain merawat lingkungan, Siaga juga harus taat beribadah dan patuh kepada orang tua,” lanjutnya.

Bupati Djoko Nugroho mengapresiasi diadakannya event tahunan Pesta Siaga oleh Kwarcab Blora. Menurutnya dengan pesta siaga, anak-anak bisa melatih dan mengasah kemampuan diri dalam hal pengetahuan, keberanian, kekompakan dan rasa percaya diri.

“Ini acara yang sangat bagus dalam membangun karakter anak. Disini mereka dilatih kerjasama, saling menolong, kekompakan dan keberanian. Mereka semua adalah bibit unggul, generasi Blora yang pintar dan berani dari seluruh wilayah berkumpul bersama. Pendidikan mereka harus terus diperhatikan,” tegasnya.

Terpisah, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Blora, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Pesta Siaga 2018 ini dilaksanakan bersamaan dengan hari lahirnya Bapak Pandu Dunia Boden Powel.

“Disini anak-anak akan berlomba menunjukkan keahlian di bidang pengetahuan, kekompakan, seni budaya dan ketangkasan lainnya yang memuat nilai kemandirian, kerjasama, nasionalisme, tolong menolong dan kebernian. Setidaknya ada 11 pos penilaian yang didirikan panitia untuk menilai kemampuan masing-masing tim. Semoga ini bisa mewujudkan generasi penerus yang kuat,” terangnya.

Selama pembukaan, dimeriahkan dengan adanya kuis pengetahuan, tari gambyong, kesenian barongan, pencak silat, penanaman pohon, pelepasan balon dan burung merpati, serta senam bersama goyang Maumere.

Total ada 32 tim atau barung yang mengikuti Pesta Siaga tersebut. Masing-masing terdiri dari 16 barung putra da 16 barung putri yang merupakan perwakilan dari 16 Kwarran/Kecamatan se Kabupaten Blora. Tergiat pertama nantinya akan mewakili Blora di Pesta Siaga tingkat Binwil Pati yang akan dilaksanakan bulan Maret.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Blora serta seluruh Pembina Pramuka se Kwarcab Blora.(Hb11/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Inilah Agenda Pesta Siaga Blora tahun 2018 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora