Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Tuesday 13 February 2018

Tips Menjadi Wisudawan Terbaik ala Kholilur Rokhman Wisudawan Terbaik STAINU Temanggung

Kholilur Rokhman Wisudawan Terbaik STAINU Temanggung
Temanggung, Harianblora.com – Menjadi lulusan atau wisudawan terbaik, tentu menjadi idaman bagi semua mahasiswa. Salah satunya yang telah dicapai oleh Kholilur Rokhman, wisudawan terbaik STAINU Temanggung pada wisuda program sarjana XXIII tahun 2018.


Pihaknya menceritakan pengalamannya saat kuliah pada Prodi Al-akwal Al-Syaksiyah (AS). Hal itu ia jelaskan usai dikukuhkan sebagai wisudawan terbaik saat wisuda di Gedung Pemuda Temanggung, Selasa (13/2/2018).

“Alasan saya pertama STAINU Temanggung adalah NU. Saya berusaha untuk ikut serta membesarkan NU dengan jalan belajar di instansi tersebut. Di samping itu, biaya saya lebih terjangkau dan juga saya bisa selalu berinteraksi langsung dengan masyarakat desa karena selalu bertatap muka langsung,” kata Kholilur Rokhman.

Dia menegaskan, meski lahir dari bapak seorang wiraswasta dan ibu petani, namun tak mematahkan semangatnya belajar. "Bapak kerja wiraswasta dan ibu tani. Motivasi kuliah dari saya sendiri dan dorongan orang tua," beber dia.

Untuk pembiayaan untuk semesteran saya dibantu orang tua, kata dia, tapi untuk kesehariannya saya cari sendiri dan kadang-kadang dapat beasiswa dari kampus. “Saya dapat beasiswa semester 3 dan 5,” beber pria kelahiran 20. Oktober 1995 tersebut.


STAINU itu unik, kata dia, karena orang-orangnya banyak yang dari kalangan orang-orang yang di masyarakatnya selalu mengurus kehidupan masyarakat. “Sehingga apabila mahasiswa STAINU dihadapkan langsung dengan masyarakat dia tidak akan merasa kesusahan,” kata dia.

Berdebat dengan Dosen
Dijelaskan dia, bahwa banyaknya suatu kegiatan di luar tidak memengaruhi intensitas belajar. “Intinya, perbanyak membaca selalu update materi atau berita kekinian. Di samping itu, di sela-sela kesibukan, saat di luar selalu bawa buku bacaan agar menambah wawasan kita dan literasi,” tegas dia.

Tapi yang paling penting, kata dia, kita selalu dekat dengan dosen dan jangan takut untuk membantah atau mendebatnya. “Karena dari hal tersebut akan timbul pemikiran yang radikal dan kritis,” ujar pria asal Maguwo 01/04 Samiranan, Kandangan, Temanggung itu.

 Dijelaskan dia, banyak sekali deratan nama dosen yang menjadi kolega debatnya dalam melakukan pengembaraan intelektual di kampus.

“Ada Pak Heri, Pak Jamal, Pak Joko, Bu Eko, Bu Aisah, Pak Farid dan banyak lagi. Mereka adalah dosen-dosen saya yang membimbing untuk bisa sampai lulus ini,” lanjut dia.

Dalam wisuda itu, hadir perwakilan LPTNU, PWNU Jawa Tengah, PCNU Temangggung,  BPPPTNU Temanggung, Prof Dr H Muhibbin Noor, MA, Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga yang mewakili Bupati Temanggung, Bank Jateng dan Bank Syariah, tamu undangan dari Kodim, Polres, SKPD dan pejabat Temanggung yang hadir. Hadir pula para anggota Senat, kiai, alim ulama, orang tua dan wisudawan, civitas akademika STAINU Temanggung. (red-HB33/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips Menjadi Wisudawan Terbaik ala Kholilur Rokhman Wisudawan Terbaik STAINU Temanggung Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora