Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 10 May 2015

Memahami Asbabun Nuzul



Judul : Mengerti Asbabun Nuzul
Penulis : Dr Muhammad Chirzin
Penerbit : Zaman
Tahun : cetakan 1, 2015
Tebal : 320 halaman
ISBN : 978-602-1687-47-5
Peresensi: Mahfud

Sebagaimana kita ketahui, Al Quran menjadi sumber hukum utama bagi umat Muslim. Pentingnya Al Quran membuat orang berpandangan berbeda dalam upaya memahaminya. Ada yang menganggap Al Quran saja sudah cukup dan menolak Sunnah. Ada yang dengan bebas menafsirkan Al Quran dan tak jarang menghasilkan tafsiran yang aneh dan mengesampingkan tafsiran-tafsiran lain.

Selain itu, ada juga yang mengusulkan untuk melakukan penafsiran kontekstual dengan memahami latar belakang historisnya. Latar belakang tersebut di antaranya tentang bagaimana Rasulullah SAW dan para sahabat memahami ayat-ayat itu. Yang terakhir ini, banyak disetujui di kalangan umat Muslim. Sampai di sini, yang kemudian menjadi persoalan adalah kurangnya sumber rujukan. Buku yang ditulis oleh Muhammad Chirzin ini hadir untuk memberikan kontribusi terkait hal tersebut.

Buku berjudul Mengerti Asbabun Nuzul ini berupaya mengungkap peristiwa-peristiwa di balik turunnya ayat-ayat Al Quran (asbab al-nuzul). Peristiwa-pertitiwa tersebut disusun sesuai topik atau tema masing-masing. Di samping hal tersebut, pembahasan buku ini juga dilengkapi dengan pesan-pesan moral yang disarikan dari sana. Pesan moral yang akan selalu relevan dengan keadaan dan persoalan umat Islam sekarang dan sepanjang zaman.

Asbabun nuzul penting untuk diketahui dalam memahami dan merenungi suatu ayat. Beberapa faedah yang bisa didapatkan dengan memahami asbabun nuzul diantaranya; pertama, seseorang dapat mengetahui hikmah di balik syariat yang diturunkan melalui sebab tertentu. Kedua, dapat mengetahui pelaku atau orang yang terlibat dalam peristiwa yang mendahului turunnya suatu ayat.

Ketiga, seseorang dapat menentukan apakah suatu ayat mengandung pesan khusus atau umum dan dalam keadaan bagaimana ayat itu mesti diterapkan. Keempat, seseorang mengetahui bahwa Allah SWT selalu memberikan perhatian penuh pada Rasullah SAW dan selalu bersama para hamba-Nya (hlm 23). Dari keterangan tersebut, semakin jelas pentingnya mempelajari asbabun nuzul dalam perjalanan memahami makna ayat-ayat Allah SWT.

Buku ini terdiri dari beberapa topik. Diantaranya, tentang Nabi Muhammad SAW, Sahabat Nabi, Kaum Mukmin, Kaum Kafir, Kaum Munafik, Kaum Wanita, dan lain sebagainya. Dengan dilengkapi indeks ayat dan disusun secara tematik, buku ini akan memudahkan pembaca mencari asbabun nuzul sesuai topik yang diinginkan. Selamat membaca!

-Peresensi adalah Penikmat buku, tinggal di Pati.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Memahami Asbabun Nuzul Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora