Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 1 May 2015

Penjual Barongan Blora Turut Kampanyekan Seni Barong Blora


Salah satu pedagang Barongan Blora di Pasar Blora.

Blora, Harianblora.com – Penjual Barongan Blora turut kampanyekan seni Barong Blora Jawa Tengah, baik yang berada di Blora, Cepu, Ngawen, maupun yang berada di luar daerah. Penjual Barongan Blora merupakan salah satu orang yang paling berjasa di dunia seni di Blora. Tanpa adanya penjual Barongan Blora, maka seni khas Blora ini hanya diketahui masyarakat setempat saja.

Hal itu diungkapkan Rondi (56) penjual Barongan Blora yang saat ini berkeliling di area Blora dan juga Grobogan. Menurut bapak dari tiga anak tersebut, menjual Barongan Blora  dengan sepeda keliling bukanlah hal mudah, karena jalan Blora-Grobogan dikenal jelek dan berlobang. “Kalau punya toko enak ngetem di toko,” ujar dia, di Blora, Jumat (1/5/2015).

Menurut penjual Barongan Blora, barang dagangannya yang paling laris adalah Barongan Blora harganya murah. “Rata-rata yang membeli adalah pelajar dan anak-anak, jadi saya cuma bawa yang harganya murah,” jelas dia.

Tak hanya itu, dia juga menjual bujangganong, genderuwon dan juga jaran kepang. “Barongan Blora menurut saya sudah terkenal untuk wilayah Blora dan Grobogan, kalau di Pati, Rembang dan Demak saya kurang tahu,” ungkap pria tersebut.

Seperti kita ketahui, seniman Barongan Blora memang didominasi oleh pelajar dan masyarakat Blora pada umumnya. Akan tetapi, masih jarang penjual Barongan Blora dari kalangan pemuda. Sebab, kalau Barongan Blora ukuran besar, tidak bisa dibeli dalam waktu singkat. Apalagi, penjual Barongan Blora juga harus konfirmasi ke pembuat atau pengrajin Barongan Blora.

Kalau menurut saya, katanya, menjual Barongan Blora ya sama saja kampanye seni Blora. “Meskipun berpenghasilan sedikit, tapi saya bersyukur dapat menjual Barongan Blora,” pungkas dia. (Red-HB45-Harian Blora/Foto: Harian Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Penjual Barongan Blora Turut Kampanyekan Seni Barong Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora