Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 17 August 2015

Keren, Festival Barong Nusantara II Masuk Rekor MURI

Barong Blora saat pertunjukan di Blora
Blora, Harian Blora - Festival Barong Nusantara II tahun 2015 Kabupaten Blora, dinilai pantas masuk Rekor MURI. Festival yang akan dilaksanakan mulai besuk Selasa (18/8/2015) tersebut, diharapkan oleh beberapa pemerhati seni dan seniman barong masuk Museum Rekor Indonesi atau MURI.

Baca juga: Inilah Jadwal Lengkap Festival Barong Nusantara II Kabupaten Blora 2015.

Seperti diketahui, Festival Barong Nusantara II tahun 2015 ini akan dimulai Selasa (18/8/2015) dengan pertunjukan beberapa seni lokal. Kemudian, pada Rabu 19 Agustus 2015 akan dipentaskan Barong Blora dari berbagai kelompok dan jenis.

"Kalau bagi saya, namanya festival sudah tingkat Nusantara, harus masuk Rekor MURI," ujar Ahmad Fauzin, pemerhati seni dan budaya GPN Cabang Blora, Senin (17/8/2015) di Blora.

Menurut dia, jangan sampai ada festival tingkat Nusantara tapi rasa lokal. "Barong Blora itu sudah terkenal, tinggal kemasan dan pembaharuannya, serta publikasi media massa yang kenceng agar dikenal seperti Reog Ponorogo," ujar pria kelahiran Blora tersebut.

Senada dengan hal itu, Indra Bagus Kurniawan, seniman barong Blora dari grup Bifang Kencana mengatakan, sebenarnya sudah dari dulu ada gagasan bahwa tiap ada Festival Barong Nusantara di Blora diusulkan masuk Rekor MURI.

"Ya saya kira pantas, ini kan momentum mengangkat budaya lokasl Blora," ujar dia.

Akan tetapi, ia juga mengakui bahwa ketenaran Barong Blora tak setenar Reog Ponorogo. "Ya paling dikenal hanya sekitar daearah Karesidenan Pati," beber dia.

Oleh karena itu, kata dia, seharusnya tiap ada Festival Barong Nusantara, menjadi momentum kampanye budaya Blora agar dikenal di Jawa Tengah dan Indonesia. (red-HB45/Foto: IBK/Harian Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Keren, Festival Barong Nusantara II Masuk Rekor MURI Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora