Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 9 February 2017

Barongan Blora Gegerkan Warga Jakarta

Jakarta, Harianblora.com - Keinginan yang besar untuk mempopulerkan kesenian khas daerah Kabupaten Blora yakni Barongan terus dilakukan dengan berbagai cara. Setelah Oktober 2016 menggelar pentas duta seni di TMII Jakarta dan November 2016 melaksanakan Festival Barong Nusantara, kini giliran Festival Budaya Blora yang bertema Blora Engkek dihelat di jantung ibukota Jakarta.

Festival Budaya Blora “Blora Engkek” sendiri merupakan agenda kegiatan Ikatan Alumni SMA Negeri Blora (ILUSA) sebagai ajang silahturahmi dan promosi potensi seni budaya kampung halaman di Jakarta. Acara yang digelar pada hari Minggu (5/2/2017) pagi bertepatan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) di Jl.Jendral Sudirman Jakarta Pusat ini pun berhasil mencuri perhatian masa.

Mulai pukul 07.00 WIB tetabuhan gamelan yang rancak dan bertempo cepat mengiringi gerak singo barong Gembong Amijoyo dan jaranan dari paguyuban Seni Barongan Wahyu Mustiko Aji dan Satrio Ambutomo Kopra. Setelah sejenak pentas di satu titik, rombongan barongan lantas berkeliling hingga bundaran Hotel Indonesia.

Masyarakat Kota Jakarta yang sedang melakukan olahraga pagi pun merasa terhibur dengan keberadaan pentas kesenian barongan Blora. Tak jarang beberapa penonton mengajak foto dengan barongan yang sedang berjalan sambil berjoged.

“Blora keren, ini memang cara jitu untuk mempromosikan potensi kesenian daerah di ibukota. Orang yang tadinya hanya mengenal reyog Ponorogo, kini perlahan juga tahu dan paham bagaimana itu kesenian Barongan Blora. Kegiatan seperti ini perlu untuk terus diselenggarakan dan menjadi contoh untuk daerah lainnya,” ucap Andrean, salah satu warga Jakarta asal Semarang yang sedang berolahraga pagi.

Selain kesenian Barongan Blora, Festival Budaya Blora “Blora Engkek” juga dimeriahkan dengan pameran produk kerajinan dan makanan khas Bumi Samin seperti batik, kaos samin, sambel pecel, dll. Hadir juga sepasang Duta Wisata untuk melakukan promosi potensi wisata di acara tersebut, yakni Mas Gerry dan Mbak Arnia Jovi.

“Ini memang kegiatan yang sangat positif untuk media promosi daerah di level nasional, apalagi lokasinya berada di jantung ibukota dimana banyak masa berkumpul untuk beraktifitas disini. Harapannya kedepan kegiatan seperti ini akan diadakan secara rutin, setidaknya tiga bulan sekali bersama teman-teman ILUSA. Mohon dukungannya agar kampung halaman kita bisa semakin dikenal,” jelas H. Arief Rohman M.Si salah satu pengurus ILUSA sekaligus Wakil Bupati Blora ini. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Barongan Blora Gegerkan Warga Jakarta Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora