Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 2 February 2017

Gubernur Jateng Kesemsem dengan Batik Tulis Blora, Ini Alasannya!

Gubernur bersama Bupati Grobogan, Bupati Demak dan Wakil Bupati Rembang
sedang membicarakan batik karya Bu Jarwati.
Blora, harianblora.com - Lagi-lagi batik tulis Blora mencuri perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melalui media sosial. Berawal dari coba-coba mengunggah batik tulis melalui akun twitter, ternyata batik tulis motif Kuda Gagak Rimang karya Batik Manggar Pelangi Desa Sumber Kecamatan Kradenan diminati orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

“Awalnya teman saya mengunggah ke akun twitter @info_kradenan, ternyata ditanggapi Pak Gubernur. Alangkah kagetnya saat Pak Gubernur melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Pertanian beberapa hari lalu, kami diminta untuk datang menghadap,” ujar Jarwati, perajin batik Manggar Pelangi Desa Sumber Kecamatan Kradenan saat dihubungi, Kamis (26/1).

Lantas Bu Jarwati bersama keempat temannya yakni Vinda, Rudianto, Andi Winata dan Santoso berangkat menuju salah satu hotel di Kecamatan Cepu yang dijadikan lokasi rapat koordinasi pangan oleh Gubernur dan Menteri Pertanian bersama kepala daerah se Jawa Tengah.

Setibanya di hotel, mereka disambut salah satu staf khusus gubernur dan diantar bertemu Ganjar Pranowo yang saat itu sedang berbincang dengan Bupati Grobogan, Bupati Demak dan Wakil Bupati Rembang di ruang transit.

“Saya tidak menyangka bisa bertemu langsung dengan Gubernur, bahkan batik saya dibeli 4 buah. Dengan ramah beliau memberikan saran dan masukan agar karya kita bisa lebih baik lagi,” lanjut Jarwati dengan muka sumringah.

Adapun Rudianto, salah satu pendamping kegiatan membatik yang tidak lain adalah pembuat desain batik milik Bu Jarwati menyatakan bahwa batik karya ibu-ibu Desa Sumber memang belum seterkenal batik Blora lainnya. Namun mereka ingin bangkit dan terus berkarya mewarnai keanekaragaman batik Blora.

“Kemarin Pak Ganjar memberi masukan agar terus menciptakan desain-desain baru yang berkaitan dengan kekhasan daerah. Ia bahkan beli batik tulis motif Gagak Rimang, sosok kuda tunggangan Arya Penangsang tokoh sejarah Blora. Tak hanya beli, Pak Gubernur juga pesan dibuatkan motif banteng,” ucap Rudianto.

Memperlihatkan batik di depan Gubernur dan beberapa kepala daerah memang membuatnya nervous pada awalnya. Namun suasana menjadi cair ketika Gubernur membuka pembicaraan dan dikomentari oleh pejabat lainnya.

“Untuk pengembangan motif dan memperhalus teknik nyanting, kita langsung ditawari untuk bisa belajar ke Lasem Kabupaten Rembang oleh Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto,” lanjutnya.

Dengan adanya pertemuan dengan Gubernur tersebut, Ibu Jarwati dan perajin batik lainnya di Desa Sumber Kecamatan Kradenan berjanji akan terus memperbaiki kualitas dan memperkaya motif khas Kabupaten Blora sehingga berbeda dengan batik dari daerah lainnya di Indonesia. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gubernur Jateng Kesemsem dengan Batik Tulis Blora, Ini Alasannya! Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora