Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 7 June 2017

Hanya di Blora, Ngabuburit Sambil Mural, Intip Yuk!

Blora, Harianblora.com - Sudah sejak lima hari lalu hingga sekarang perempatan SMA Negeri 1 Blora, pertemuan Jl. Tentara Pelajar dengan Jl. Dr. Sutomo berubah warna. Ada hal baru yang dikerjakan pelajar SMA Negeri 1 Blora. Sambil menunggu waktu berbuka, mereka ngabuburit membuat karya mural atau lukisan dinding warna warni sehingga mempercantik sudut kota.

Seperti yang dilakukan, Minggu sore (4/6) beberapa pelajar tampak sedang asik memainkan kuasnya dengan rapi di tembok putih. Dengan menggunakan alat bantu berupa tangga, mereka membuat mural berukuran besar hingga setinggi 3 meter.

Dengan bimbingan tiga guru, yakni Taufan Affandi, Yudi Tezar, dan Ahmad Idris mereka diarahkan membuat mural dengan tema nasionalisme, dan seni budaya. Setidaknya akan ada 9 karya mural yang akan dihasilkan pelajar SMA tertua di Blora ini.

Taufan Affandi, salah satu guru seni rupa menjelaskan tujuan kegiatan pembuatan mural ini untuk memperindah sudut kota. Sudut kota yang tadinya hanya berupa tembok tinggi berwarna putih polos kini dihias dengan seni mural yang sarat dengan nilai budaya dan keindonesiaan.

“Paling selatan kita buat mural kepala burung garuda, sedangkan di sebelah utara perempatan ada mural tentang barongan, penari gambyong, penari tayub, wayang krucil, penari jaranan, Pak Raden dan lainnya. Target kita akan selesaikan dalam dua minggu. Kita kerjakan sore hari sambil ngabuburit,” ucapnya.

Meskipun sedang berpuasa, mereka tampak tidak lelah. Beberapa tim saling membantu mewarnai dinding tembok yang sudah lama tidak tersentuh pembaharuan warna cat itu. Bahkan tidak hanya saat ngabuburit saja. Pada malam harinya setelah tarawih kembali dikerjakan dengan bantuan pencahayaan lampu.

“Yang ada di pojokan perempatan nanti akan diperindah dengan bingkai dan mozaik kayu,” lanjut Taufan.

Sementara itu Raden Irham (17) salah satu pelajar SMAN 1 Blora yang ikut membuat mural mengungkapkan rasa senangnya karena diberi wadah untuk berekspresi, menuangkan ide kreatifnya di tembok besar.

“Senang sekali diperbolehkan membuat lukisan mural di dinding kota. Selain untuk mengasah kreatifitas, kegiatan ini juga untuk mengisi waktu luang sembari menunggu buka puasa. Semua melakukan dengan semangat,” ucap Raden.

Tidak hanya Raden Irham, teman-teman lainnya juga ikut membantu membuat mural. Diantaranya Mayricho, Fian, Indigo Daffa, Putri Rahmawati, Zonia, Deja Daruna Panjalu, Dwi Ari Wijay, Muhammad Faiz dan lainnya. (Red-HB88/ts).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Hanya di Blora, Ngabuburit Sambil Mural, Intip Yuk! Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora