Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 3 June 2017

Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak

Oleh Purwati
Penulis adalah Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang asal Ketringan, Jiken, Blora


Masa perkembangan anak merupakan masa emas sekaligus masa yang paling penting. Pada masa ini anak memerlukan perhatian, pendampingan dan pengawasan terutama dari orang tua sehingga didapatkan perkembangan yang optimal. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangandiantaranyafaktor genetik dan faktor lingkungan. 

Faktor genetik adalah faktor pondasi dasar untuk mencapai hasil akhir yang maksimal dalam proses pertumbuhan. Seorang anak yang memiliki potensi genetik yang baik, akan lebihbisa menyesuaikan diri dengan lingkungansehingga didapatkan hasil akhir yang optimal. Sedangkan faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi perkembangan anak dibagi menjadi dua, yang pertamafaktor lingkunganpada saat anak masih didalam kandungan atau disebut dengan faktor prenatal seperti kurangnya asupan gizi si ibu saat hamil, radiasi, trauma dan lain-lain.

Faktor yang kedua adalah faktor lingkungan setelah si anak lahir seperti penyakit, stimulasi, umur, kasih sayang diberikan, motivasi belajar, interaksi yang kurang antara anak dan orang tua, dan masih banyak lagi.
Peran orang tua terhadap perkembangan anak secara fisik dan psikisjuga amat dibutuhkan. 

Orang tua wajib memberikan kasih sayang dan pendampingan untuk anak. Selain itu orang tua juga harus bisa memposisikan diri, kapan mereka menjadi orang tua, sahabat atau teman bermain. Orang tua juga harus pandai-pandai dalam mengawasi anak, kapan orang tua harus mengawasi dari jauh  ataupun dari dekat. Orang tua juga harus memberikan kepercayaan kepada sianak agar dirinyamerasa dihargai.

Untuk anak-anak yang bakatnya sudah muncul dari kecil, orang tua wajib mendukung dan memberi ruang untukmengembangkan bakat yang mereka punya. Misalkan pada anak yang mempunyai hobi mencoret-coret maka berikan mereka ruang dan waktu untuk bermain agar mereka  dapat mengeksplorasi hobinya. Disaat anak memasuki usia 7 tahun bakat anak harus diperhitungkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak.

Perkembangan anak tidak hanya terjadi pada fisik dan motorik, tetapi juga psikisnya. Perkembangan psikis anak cenderung tidak bisa dilihat tetapi bisa dirasakan. Diperkembangan psikis ini orang tua harus mengajarkan anak cara untuk mandiri,seperti mandisendiri, meletakkan mainan pada tempatnya, merapikan tempat tidur dan menyiapkan keperluan sekolahnya. Jika mereka mampu untuk melakukan itu semua berikanlah pujian pada anak. 

Selain itu biarkan anak untuk memilih dan menyatakan pendapat mereka, dan jika ada masalah ajaklah mereka untuk berdiskusi dalam menyelesaikan masalah tersebut, jangan menggunakan kekerasan. Sehinggaanak terbiasauntukmenyelesaikan masalah dengan cara yang benar.

Disisi lain, jika didepan anak orang tua juga harus berperilaku baik kepada semua orang, tidak menunjukkan sikap buruk, kerena anak menjadikan orang tua sebagai tokoh utama yang akan di jadikan panutan, dan akan mereka terapkan di pergaulannya. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora