Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 4 June 2017

Sumardjan Kakwarran Tunjungan Tulis Dua Buku

Blora, Harianblora.com -  Kakwarran, yang juga guru sekaligus Kepala SDN 1 Tutup Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sumardjan SPd M.Mpd menulis dua buku sekaligus yang diterbitkan Formaci Press. Kedua buku itu bertajuk "Media Kartu Sekolah Dasar" dan "Desain Pembelajaran MTK SD Menyenangkan" yang telah terbit pada pertengahan April 2017 lalu.

Sumardjan yang juga Kakwarran Tunjungan Blora itu mengatakan bahwa ia sangat bersyukur bisa memiliki karya pribadi. Sebab, sejak puluhan tahun menjadi guru dan kepala sekolah, baru tahun 2017 ini impian menulis buku dapat diwujudkan dengan bantuan penerbit Formaci Semarang.

"Kalau jurnal, saya sudah pernah menulis dan tembus di Jurnal Edukasi Unnes. Saya tidak bayar dan tidak pakai jasa saat itu karena murni seleksi dan alhamdulillah saat itu tembus dua judul," beber guru yang baru saja mengikuti penataran Kurikulum 2013 di LPMP Jateng itu.

Ia menegaskan, bahwa menulis buku juga sama sangatlah mudah. "Kalau pengalaman menulis buku ini, ya alhamdulillah naskah-naskah saya yang lama saya himpun dan saya daur ulang. Kemudian saya rumuskan jadi judul dan daftar isi, kemudian saya tambahi referensi yang relevan," beber magister manajemen pendidikan dari STIE Indonesia Malang tersebut, Minggu (4/5/2017).

Sumardjan merupakan salah satu penulis dari unsur guru yang naskahnya berhasil diterbitkan oleh penerbit Formaci. Dijelaskan Ahmad Ali Zainul Sofan, editor Formaci Press bahwa redaksi Formaci menerima berbagai tulisan dari lintas profesi dan daerah. "Kalau yang sudah terbit dari jenis buku ya buku ilmiah, buki diktat dan referensi, kemudian kumpulan artikel media dalam bentuk bunga rampai, sampai novel dan juga kisah tentang TKI di Hongkong," lanjut dia.

Kalau dari unsur penulis, kata dia, ada dosen, guru, kepala sekolah, pengurus PGRI, jurnalis, bahkan mahasiswa dan TKI. "Bulan-bulan ini kami insyaallah akan merillis buku yang ditulis oleh TKI asal Bojonegoro dan novel menarik yang ditulis oleh jurnalis Tuban yang kini bermukim di Bali," beber dia.

Selaub dari judul yang ditulis Sumardjan di atas, pada bulan April 2017 Formaci telah menerbitkan tiga buku lain yaitu "Potret Pendidikan Indonesia", lalu "Makna Hati, Pendekatan Tafsir Sufi" dan "Nasihat Begawan Tuban".

Kemudian, lanjut Ofan, untuk bulan ini insyaallah akan kami launching buku novel berjudul Munajat Hati dan juga kisah TKI atau BMI berjudul Bukan BMI Biasa, Kisah Sukses BMI Hongkong yang ditulis langsung oleh TKI Hongkong.

"Kalau Anda punya naskah menarik, silakan kirim ke email kami yaitu formacipress@gmail.com atau formacijateng@gmail.com. Atau silakan hubungi redaksi di nomor 085740145329 dan 08562674799 serta kunjungi website kami di www.penerbitformaci.id. Ayo saatnya kita hidupkan budaya literasi," tutup dia. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sumardjan Kakwarran Tunjungan Tulis Dua Buku Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora