Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 29 June 2016

Waduh, Jalan Kunduran - Blora Malah Ambles Sebelum Ramai Arus Mudik

Sebagian Jalan Kunduran-Blora ambles hingga 50 sentimeter akibat tergerus air hujan kemarin.
Blora, Harianblora.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan sekitarnya, membuat Jalan Kunduran-Blora ambles hingga 50 sentimeter. Selain itu, juga membuat jalan di Dusun Pateng, Desa Klokah, Kunduran, tersebut ambrol hingga perlu penanganan serius.

Saman, salah satu warga sekitar mengaku, kerusakan jalan akibat hujan kemarin malam itu lumayan parah. Sebab, jalan yang baru saja selesai diaspal malah ambrol dan ambles hingga kedalaman 50 sentimeter dari aslinya.

Sebagian jalan yang lebarnya sekitar 4 meter itu, juga rawan terjadi kecelakaan. Sehingga butuh penanganan serius. Apalagi mendekati arus mudik saat Lebaran. “Dari kemarin hujan deras sekali, Mas. Sehingga jadi kayak gini (jalan ambles sekitar 50 sentimeter, Red),” ungkapnya.

Menurutnya, untuk memperbaiki jalan tersebut membutuhkan dana cukup banyak. Sebab, terlebih dahulu harus memasang pemancang dan menguruk tanah di sebelah selatannya. Sehingga kerusakan seperti ini bisa dihindari untuk selanjutnya.

Parjono, warga sekitar lainnya mengatakan, sejak sore kemarin hujan deras mengguyur sampai sekitar pukul 21.00. Padahal Jalan Kunduran-Blora baru selesai diaspal. Talut sekitar jembatan juga baru selesai dikerjakan sekitar satu bulan yang lalu. Akibatnya, jembatan menjadi rusak dan jalan ambles.

Terpisah, Kepala Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Jateng wilayah Purwodadi-Blora Ali Huda saat meninjau lokasi menyatakan, kondisi tanah di lokasi memang mudah ambles. Hal ini sudah diketahui sebelumnya. Untuk itu, pada Sabtu lalu dilakukan pengurukan atau penambalan aspal oleh petugas.

Ambrolnya jalan sendiri diakui akibat tergerus aliran air hujan deras yang mengguyur Kabupaten Blora dan sekitarnya kemarin. Sehingga hal tersebut tidak dapat dihindarkan.
Untuk penanganan, Ali mengaku, akan langsung melakukan perbaikan. Mulai menutup jalan untuk sementara, pengurukan dengan material grosok untuk pemadatan, kemudian akan kembali diaspal. “Karena ini darurat, material akan langsung kita datangkan dan kerjakan. Kita juga akan perkuat saluran air dan bagian bawah jalan. Sehingga tidak ambles dan jebol lagi,” jelasnya.

Dia menambahkan, pengerjaan sendiri ditarget maksimal dua hari. Dia berpesan, agar para pengendara hati-hati saat melintasi jalan tersebut. Sebab, kondisi arus lalu lintas mulai ramai. “Kalau cuaca mendukung, pengerjaan perbaikan kami target dua hari sudah selesai,” imbuhnya.


Dari pantauan di lokasi, sejak pagi sudah ada empat pekerja yang sibuk membongkar paku bumi yang terbawa arus di tengah sungai kecil kemarin. Beton itu dihancurkan menggunakan alat sederhana linggis, palu besar, dan ganco. Warga dan pengendara yang kebetulan melihat amblesnya jalan tersebut, justru berhenti dan menonton. (Red-HB99/sub/lin-RK).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Waduh, Jalan Kunduran - Blora Malah Ambles Sebelum Ramai Arus Mudik Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora