Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 27 April 2016

Situs Gua Kidang Blora Berpotensi Jadi Wisata

Kegiatan di Situs Gua Kidang Blora
Blora, Harianblora.com – Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Slamet Pamuji melalui Kepala Bidang Kebudayaan Suntoyo mengemukakan, pihaknya mendukung dijadikannya situs Gua Kidang Blora sebagai salah satu kawasan kajian dan penelitian.

Dijelaskan Suntoyo, dengan ditemukan bukti-bukti prasejarah di kawasan Gua Kidang, maka kawasan tersebut bisa dibenahi dan ditata sehingga menarik untuk dikunjungi.

Dia menjelaskan, situs Gua Kidang berada di wilayah Perum Perhutani KPH Blora. Sehingga perlu koordinasi antara pemerintah kabupaten, dinas terkait dengan pihak Perhutani untuk pengawasan pelestarian sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

”Misalnya, jalan yang menuju ke Gua Kidang dibuat tangga, sehingga bagi yang berkunjung ke lokasi bisa lebih mudah,” katanya di Blora.

Gua Kidang berada di kawasan karst Pegunungan Kendeng Utara yang berjarak 35 kilometer dari kota Blora. Gua itu berupa ceruk gunung karst sedalam kira-kira 15 meter dari permukaan tanah bukit karst. Untuk masuk ke gua harus menuruni jalan setapak di areal hutan jati.

Berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya telah disimpulkan bahwa kawasan gamping Blora minim gua yang mengindikasikan hunian. Satu-satunya gua hunian di kawasan gamping Blora adalah di Gua Kidang.


Berdasarkan hasil penelitian Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta di Gua Kidang di tahun 2009 yang difokuskan pada ekskavasi antara lain ditemukan artefak dari kerang dan tulang sebagai konteks prasejarah.

Pada kedalaman sekitar 30 cm dari permukaan tanah baru ditemukan konteks prasejarah yang mana lapisan atasnya merupakan lapisan sejarah. Selain itu diketemukan juga beberapa fragmen tulang dan gigi homo sapiens.

Diduga manusia yang pernah menghuni Gua Kidang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Itu dibuktikan dengan ditemukannya benda-benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak terdapat di tempat lain, seperti cangkang kerang untuk peralatan kerja. (Red-HB99/DPPKKI).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "Situs Gua Kidang Blora Berpotensi Jadi Wisata".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete

Item Reviewed: Situs Gua Kidang Blora Berpotensi Jadi Wisata Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora