Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Saturday 14 January 2017

Sering Banjir, Pemkab Blora Perbaiki Drainase Cepu

Banjir di Cepu
Blora, Harianblora.com - Seringnya banjir genangan yang terjadi di ruas Jalan Ngareng Kecamatan Cepu saat hujan deras sehingga membuat arus lalu-lintas tersendat dan kerusakan jalan akhirnya direspon oleh Pemkab Blora. Respon disampaikan langsung oleh Bupati Blora H.Djoko Nugroho yang menegaskan bahwa tahun 2017 ini akan dilakukan perbaikan drainase di Kota Minyak tersebut.

“Tahun ini kita tata dan percantik Cepu. Utamanya drainase agar saluran air lancar sehingga tidak menimbulkan banjir genangan saat hujan turun deras,” ucapnya.

Untuk mengawali upaya tersebut, Jumat (13/1/2017) Bupati bersama dengan Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora Ir. Samsul Arief dan Camat Cepu Djoko Sulistyono datang ke Pusdiklat Migas Cepu untuk berkoordinasi tentang perbaikan saluran air di wilayah Ngareng. Kedatangan Bupati disambut oleh Kabid Perencanaan Standarisasi Pengemangan PPSDM Migas Ir. Henk Subekti Dipl.Eng beserta jajarannya.

“Kami ingin saluran drainase di Cepu ini bisa lancar dan tidak menimbulkan banjir. Salah satunya yang berada di Jalan Ngareng kami perlu koordinasi dengan Pusdiklat Migas khususnya bidang PPSDM Migas. Pasalnya selokan pembuangan air di wilayah Ngareng melintasi kawasan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Migas (PPSDM Migas),” kata Bupati.

Bupati berharap dengan pertemuan ini akan ada kerjasama perbaikan drainase demi kepentingan bersama antara Pemkab melalui Dinrumkimhub dengan PPSDM Migas. Karena saluran pembuangan air dari Ngareng menuju Sungai Bengawan Solo melewati kawasan Migas.

Menyikapi hal tersebut, Ir.Henk Subekti Dipl.Eng menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung pembenahan tata ruang wilayah Cepu. Khusus permasalahan aliran drainase yang melintasi PPPSDM Migas dan banjir yang kerap terjadi wilayah Ngareng, pihaknya telah melukakan survey beberapa waktu lalu.

“Hasil survey oleh tim kami beberapa waktu lalu salah satunya pada saluran depan asrama vyatra yang menuju ke arah sungai Bengawan Solo ternyata banyak sedimentasi sehingga aliran air menyempit. Kemudian di jalan Ngareng tersebut tidak ada saluran tembus di bahu jalan ke saluran dibawah trotoar, lalu banyak berdiri kios/toko diatas saluran, serta terjadi penyempitan saluran di sebelah asrama vyatra sehingga tertutup sampah,” jelasnya.

Adapun Kepala Dinrumkimhub Ir. Samsul Arief menyampaikan bahwa untuk mengatasi genangan air saat hujan turun, perlu adanya pengecekan drainase secara bersama-sama antara Pemkab dan pihak PPSDM Migas. “Kita perlu koordinasi dan mengecek secara langsung kondisi drainase yang ada di dalam dan diluar wilayah PPSDM Migas, agar nanti bisa ditemukan penataan drainase yang tepat,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, menurutnya akan dilaksanakan pengecekan lapangan bersama-sama untuk penanganan drainase di wilayah Ngareng. “Secepatnya kita upayakan,” tegas Ir. Samsul Arief.
Sekedar diketahui, akibat buruknya drainase di Jalan Ngareng Kecamatan Cepu mengakibatkan sering terjadinya banjir dan kerusakan jalan. Bahkan beberapa hari lalu warga setempat melakukan aksi blokade jalan dengan menanami pohon pisang karena kerusakan jalan belum diperbaiki. (Red-HB99/Hms).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sering Banjir, Pemkab Blora Perbaiki Drainase Cepu Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora