Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 25 July 2017

Festival Tongklek Termegah Abad Ini

Desa Bendonglateng. Ya, memang nama yang terkesan aneh. Desa yang tidak banyak dikenal masyarakat ini, terletak di Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Desa ini berada diantara pegunungan dan ditengah hutan.

Pada tanggal 19 Juni 2017, akan diadakan festival tongklek yang diadakan oleh kepala desa atas wacana dari Pemerintah Kabupaten Tuban. Setiap RT diwajibkan mengirimkan satu regu untuk tampil membawakan lagu sholawat. Kenapa lagu sholawat?? Iya, karena festival ini diadakan untuk memeriahkan bulan Ramadan. Untuk memacu semangat masyarakat, tidak tanggung-tanggung, kepala desa memberikan hadiah yang sangat fantastis. Juara 1 mendapat 5 juta, juara 2 mendapat 4 juta, juara 3 mendapat 3 juta, juara 4 mendapat 2 juta, dan juara 5 mendapat 1 juta.

Tidak bisa dipungkiri bahwa festival ini adalah festival pertama yang diadakan di desa ini. Sebelum acara puncak pada tanggal 19 Juni tersebut, masyarakat menyiapkan diri dengan berlatih setiap hari. Bahkan tidak ada yang mengeluh kelelahan padahal mereka sedang berpuasa. Untuk membuat semua berjalan sempurna, mereka melakukan pembagian tugas. Hal ini membuat rasa kekeluargaan, gotong royong, toleransi, dan saling menghargai antar masyarakat semakin tinggi.

Tibalah dipuncak acara. Hampir seluruh masyarakat hadir di lapangan watu wayang kala itu, dimana tempat ini menjadi start perlombaan. Semua tampak antusias dengan tampilan terbaiknya. Lantunan sholawat menggema di langit Bendonglateng malam itu sampai pukul dua dini hari.

Beberapa hari setelah festival itu digelar, tibalah pengumuman yang telah ditunggu-tunggu seluruh masyarakat. Tepatnya pada tanggal 23 Juli 2017. Hal yang sama terjadi lagi, bahkan kali ini masyarakat yang datang jauh lebih banyak dari hari perlombaan. Acara pengumuman ini disemarakkan dengan tontonan budaya ketoprak. Dimana seluruh pemainnya berasal dari Desa Bendonglateng sendiri. Seluruh masyarakat yang berpatisipasi menjadi pemain bak seorang pemain ketoprak sungguhan. Aktingnya sungguh memukau dan membuat decak kagum seluruh masyarakat yang menyaksikan kala itu. Seluruh masyarakat menerima dengan lapang dada hasil yang telah diputuskan.

Ada pesan luar biasa yang saya dapatkan dari acara ini, yaitu “Kunci sebuah kesuksesan adalah sikap saling menghargai, kerja keras, dan tidak sombong. Cintai budaya, tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan maka kita akan mampu menciptakan perubahan”.

Penulis: Asih
Mahasiswa asal Tuban, Jawa Timur
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Festival Tongklek Termegah Abad Ini Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora