Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday 12 July 2017

Kodim Blora Dampingi Mahasiswa UGM Buat Pupuk Kompos

Blora, Harianblora.com - Pendampingan para Babinsa Kodim 0721/Blora dalam meningkatkan Swasembada pangan Nasional terus dilaksanakan, agar para petani lebih giat lagi turun ke sawah. 

Kini Babinsa Desa Kebonrejo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Serma Supartono anggota Koramil 03/Banjarejo Kodim 0721/Blora melaksanakan pendampingan mahasiswa UGM Fakultas pertanian dalam pembuatan Pupuk Organik dari Sekam untuk media penyemaian padi. Senin (10/07/2017) kemarin.

Pada kesempatan itu selaku nara sumber Dosen UGM Fakultas pertanian Bapak Kasih, dan dihadiri pendamping mahasiswa ibu Dr.Cahyo Wulandari,S.P,M.P,  Kepala Desa  Kebonrejo Sumadi beseta perangkatnya, serta warga masyarakat sekitar.

Dalam penyampainnya Dosen UGM Fakultas pertanian Bapak Kasih, Masih banyak petani yang belum paham betul tentang pupuk organik dari sekam untuk media penyemaian padi. 

Limbah sering diartikan sebagai bahan buangan bahan sisa dari proses pengolahan hasil pertanian. Semoga dari hasil sosialisasi ini, kata Dosen UGM Fakultas pertanian Bapak Kasih, bisa bermanfaat  dan berguna bagi bapak-bapak sekalian. ungkapnya.

Dari proses penggilingan padi biasanya diperoleh sekam sekitar 20-30%, dedak antara 8-12% dan beras giling antara 50-63% data bobot awal gabah. Sekam dengan persentase yang tinggi tersebut dapat menimbulkan problem lingkungan.

Ditinjau data komposisi kimia sekam mengandung beberapa unsur kimia penting diantaranya, Kadar air : 9,02%, Protein kasar : 3,03%, lemak : 1,18%, Serat kasar :35,68%, Abu : 17,17%, Karbohidrat dasr : 33,71.
 
Adapun Komposisi kimia sekam padi menurut DTC-IPB, Karbon (Zat arang) :1,33%, Hidrogen : 1,54%. Jelasnya.

Sementara Danramil 03/Banjarejo Kapten Chb Sudiyono mengungkapkan, untuk mencapai target yang di tetapkan dari komando atas tentang Luas Tambah Tanam (LTT), babinsa Koramil 03/Banjarejo, tidak henti-hentinya kami terjunkan kelapangan guna membantu para petani diwilayahnya masing-masing. Ungkap Danramil Kapten Chb Sudiyono. (Red-HB99/pdm).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kodim Blora Dampingi Mahasiswa UGM Buat Pupuk Kompos Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora