Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday 11 October 2017

Era Milenial, Perkuliahan Harus Berbasis IT

Perkuliahan di STAINU Temanggung
Temanggung, Harianblora.com - Perkuliahan akan menjadi sesuatu yang membosankan atau tidak, tergantung pada konsep pembelajaran yang dipakai oleh dosen. Salah satu tren perkuliahan di STAINU Temanggung saat ini adalah analisis video. Penerapan IT dalam perkuliahan akan membangkitkan motivasi  belajar mahasiswa. Konsep kekinian yang digunakan akan lebih mudah diterima mahasiswa.


Salah satu contoh penerapan analisis video terlihat dalam mata kuliah Sejarah Pemikiran Islam. Biasanya konsep perkulihan hanya analisis literasi dan presentasi makalah. "Namun, dalam perkuliahan ini mahasiswa disuguhkan video para ahli agama yang berpendapat tentang teologi tertentu, sore ini tadi kebetulan materi pemikiran teologi asy'ariyah" tutur Husna salah satu dosen Prodi PIAUD STAINU Temanggung, Rabu (11/10/2017).

Ia menambahkan bahwa mahasiswa terlihat lebih antusias untuk memahami dan menganalisis pemikiran Asy'ariyah melalui media video, dari pada presentasi makalah meskipun sudah menggunakan power points. Variasi metode perkuliahan ini saat ini sudah membudaya di kalangan akademisi STAINU Temanggung.

Riska, salah satu mahasiswa membenarkan bahwa metode analisis video ini lebih menarik dan tidak membosankan. "Bahkan tidak terasa kalau waktunya sudah habis". tambahnya.

STAINU Temanggung guna mewujudkan konsep perkuliahan kekinian yang berbasis IT terus berupaya melengkapi fasilitas pembelajarannya, salah satunya dengan memasang LCD permanent pada semua ruang perkuliahan, meskipun sebagian masih belum permanen. Hal ini dilakukan untuk menambah kualitas akademik mahasiswa STAINU Temanggung yang saat ini terus digenjot.(HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Era Milenial, Perkuliahan Harus Berbasis IT Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora