Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 19 October 2017

Genjot Doktorisasi, STAINU Temanggung Makin Berkualitas

Perpustakaan ekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung
Temanggung, Harianblora.com - Dengan menggenjot para dosen melakukan studi lanjut di jenjang S3 (doktor), sebuah kampus akan semakin berkualitas. Hal itulah yang kini telah dilakukan Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung. Hal itu semata-mata bukan sekadar formalitas, namun juga menggonjot kualitas.

Sebab, pendidikan sejatinya adalah upaya sadar mengembangkan potensi manusia. Dengan pendidikan seseorang mempunyai cara pandang dalam eksplorasi  kemampuan baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Baru-baru ini pemerintah menggulirkan regulasi baru terkait pendidikan karakter.

Oleh karena itu, Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung merespon adanya Perpres 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo.

“PPK sendiri adalah gerakan pendidikan dibawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonissi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olahraga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, serta masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Salah satu dampaknya, dilakukan oleh STAINU Temanggung dalam wujud nyatanya ketika implementasi perpres ini, kampus bernafaskan Islam Nusantara satu-satunya di Temanggung juga berperan aktif dalam aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Sigit Tri Utomo, dosen sekaligus Sekretaris Prodi PAI Jurusan Tarbiyah STAINU Temanggung dalam siaran persnya yang diterima Harianblora.com, Kamis (19/10/2017).

Seperti halnya meningkatkan mutu pendidikan di internal pengajarnya seperti tiga tahun belakangan ini, kata Sigit, beberapa dosen diterima di beasiswa 5000 doktor dengan melanjutkan S3 ke berbagai kampus ternama di negeri Ini.
“Seperti Nurul Friska Dewi S3 di Antropologi Budaya UGM, Siti Qomala Khayati S3 di Manajemen Pendidikan Pesantren IAIN Jember, Ahmad Taufik S3 studi di Prodi Bahasa Arab UIN Malang dan M. Jamal di S3 Ilmu Hukum UII Yogyakarta. Sepulang studi dihrapkan para pengajar memberi warna dalam mewujudkan pendidikan karakter mahasiswa,” ujar alumnus Pascasarjana UIN Jogjakarta itu.

Adapun maksud dari PPK di sini, menurut Sigit, dilandaskan pada Perpres no 87 Tahun 2017. “Pertama, membangun dan membekali Peserta Didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan. Kedua, mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dalam penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik dengan dukungan pelibatan publik yang dilakukan melalui pendidikan jalur formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia,” beber dia.

Ketiga, kata dia, merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, masyarakat, dan lingkungan keluarga dalam mengimplementasikan PPK.

“Tidak hanya itu, berdasarkan pasal 6 Peraturan Presiden (Perpres) Nomor (No) 87 Tahun 2017 dinyatakan bahwa Penyelenggaraan PPK pada Satuan Pendidikan jalur Pendidikan Formal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf a angka 1 dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler,” ujar dia.

Dengan doktorisasi itu, menurut dia, menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Nusantara ini. (HB33/Hms).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Genjot Doktorisasi, STAINU Temanggung Makin Berkualitas Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora