Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday 18 October 2017

Ini Cara Alumnus STAINU Temanggung Dapat Beasiswa 5000 Doktor

Muhammad Jamal
Temanggung, Harianblora.com - Alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung, Muhammad Jamal, MH, mendapat beasiswa Program 5000 Doktor Kemenag RI yang dimulai pada seleksi di bulan Juni 2017 dan lolos seleksi bulan Agustus 2017 kemarin.

Program 5000 Doktor merupakan program unggulan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Program ini pertama kali diluncurkan oleh presiden RI, Joko Widodo pada Desember 2014. Program 5000 Doktor meliputi pemberian bantuan studi S3 bagi para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan baik yang melanjutkan studi di kampus dalam negeri maupun luar negeri.

Jamal merupakan alumnus Jurusan Syariah STAINU Temanggung yang lulus tahun 2009 lalu. Usai itu, ia melanjutkan studi di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan kemudian mengabdikan diri menjadi dosen STAINU Temanggung. Kini, ia berkesempatan menempuh program doktor melalui Porgram 5000 Doktor Kemenag di UII Yogyakarta.

Muhammad Jamal bersama kawan-kawannya di UII Yogyakarta
"Tahun ini jurusannya kan Ilmu Hukum, dan hanya dibuka di UII Yogyakarta," beber pengacara dan Direktur LBH Temanggung tersebut, Rabu (18/10/2017).

Ia membeberkan, bahwa dari beberapa pelamar beasiswa, tidak semua diterima. “Untuk yang diterima 5000 Doktor Kemenag itu, hanya 15 kandidat dari beberapa orang yang diterima termasuk saya,” kata dia.

Jamal juga menegaskan, pihaknya siap memfasilitasi para alumni STAINU Temanggung khususnya yang Syariah untuk bergelut sesuai bidangnya agar ke depan bisa bersinergi di dunia sosial dan utamanya di bidang hukum.

“Tahun 2015 ada 6 alumni STAINU Temanggung yang sudah menjadi pengacara. Sejak 2015 kemarin teman-teman itu semua sudah bekerja dan melakukan kegiatan sesuai kepakarannya,” beber dia.

Alumnus sekaligus dosen STAINU Temanggung ini juga menjelaskan, selain dirinya, ada beberapa civitas akademika STAINU Temanggung yang tahun 2017 ini lolos beasiswa Program 5000 Doktor.

“Ada Bu Riska, Pak Taufik, dan Komala. Semuanya akan menjadi calon doktor dan siap mengabdikan diri untuk kemajuan STAINU Temanggung,” tegas Jamal. (Red-HB44/Hi).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ini Cara Alumnus STAINU Temanggung Dapat Beasiswa 5000 Doktor Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora