Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Monday 2 October 2017

Ini Solusi Membaca Kitab Kuning dengan Cepat

Suasana kuliah umum di STAI At Tanwir Bojonegoro
Bojonegoro, Harianblora.com - Pada kuliah umum dengan mengambil tema "Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca" di STAI At Tanwir Bojonegoro pada Sabtu 30 September 2017, Ahmad Taufiq, S.Pd.I, M.Pd.I dosen STAINU Temanggung menjelaskan bahwa pembelajaran Bahasa Arab harus selalu update dan selalu menyesuaikan zaman. Ia juga membeberkan ada solusi membaca kitab kuning dengan cepat.

Ahmad Taufiq, S.Pd.I, M.Pd.I dosen STAINU Temanggung yang didampingi Ahmad Musthofa, S.Pd., M.Pd Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAI At Tanwir Bojonegoro, menjelaskan bahwa kegiatatan yang dihadiri lintas angkatan ini memberikan sebuah solusi membaca kitab kuning secara cepat sesuai dengan kaidah kemahiran membaca yang ada.

Dalam bahasa Arab kemahiran berbahasa dibagi menjadi 4 yang pertama adalah maharah Al istima' ( kemahiran mendengarkan) maharah Al Kalam (kemahiran berbicara), maharah Al Qiroah ( kemahiran membaca), maharah Al kitab ( kemahiran menulis).

Kegiatan yang dilakukan di Kampus STAI At Tanwir ini dilaksanakan yang bertempat di ruang seminar.

"Pentingnya kemampuan dalam membaca bahasa Arab, seperti perintah Allah yang pertama kali turun adalah surat Al alaq yang berbunyi iqro' dengan membaca kita bisa tahu isi,content, maksud, tujuan dan inti yang disampaikan penulis pesan tersebut. Tujuan yang lain adalah memberikan motivasi dan dorongan kepada para mahasiswa untuk mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa Qur'an, dan bagian dari bahasa yang digunakan Al Qur'an untuk menyampaikan pesan kepada umat Islam," ujar Ahmad Taifiq.

Kegiatan itu dimulai pukul 09.30 - 12.00 Wib dan di akhir pembahasan ditutup dengan pertanyaan. Respon yang antusias mahasiswa STAI At Tanwir Bojonegoro sehingga banyak memunculkan pertanyaan. Pesan yang disampaikan  adalah pelajarilah bahasa Arab karena bahasa Al Qur'an bahasa umat Islam.

Menurut Ahmad Musthofa, dengan adanya kuliah tamu ini mahasiswa bisa membuka cakarawala akan isu-isu terbaru pembelajaran Bahasa Arab yang sedang berkembang. "Selain itu mahasiswa juga bisa sharing bersama pemateri tentang permasalahan-perubahan yang mereka hadapi di ranah PBA," lanjut dia.

"Semoga kuliah singkat bersama Ust. Ahmad Taufiq, M.Pd.I bisa bermanfaat bagi perkembangan akademik mahasiswa PBA STAI Attanwir" tambah dia. (Red-HB99/Husna)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ini Solusi Membaca Kitab Kuning dengan Cepat Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora