Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Monday 23 October 2017

Hari Santri Nasional di Blora, Bupati Pimpin Apel

Blora, Harianblora.com - Peringatan Hari Santri Nasional ke III tahun ini diperingati Kabupaten Blora dengan menggelar Apel Akbar dilanjutkan Pawai Taaruf dengan mengambil lokasi di Alun-alun, Minggu (22/10/2017), diikuti ribuan santri mulai dari jenjang MI, Mts, MA, PT, Pondok Pesantren dan Banom NU.

Bupati Djoko Nugroho yang hadir dalam kegiatan tersebut didaulat sebagai pembina apel sekaligus melepas pawai taaruf. Dengan mengenakan sarung warna hitam, atasan jas dan berpeci, orang nomor satu di Kab.Blora ini membacakan sambutan Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, MA.

Dalam sambutannya, ia mengingatkan bahwa kali ini tahun ketiga Keluarga Besar Nahdlatul Ulama dan seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Santri. Dimana Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri tanggal 22 Oktober 2015 yang bertepatan dengan tanggal 9 Muharram 1437 Hijriyah merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan.

“Hari Santri juga harus digunakan sebagai revitalisasi etos moral kesederhaan, asketisme, dan spiritualisme yang melekat sebagai karakter kaum santri. Etos ini penting di tengah merebaknya korupsi dan narkoba yang mengancam masa depan bangsa. Korupsi dan narkoba adalah turunan dari materialisme dan hedonisme, paham kebendaan yang mengagungkan uang dan kenikmatan semu,” ucapnya.

Singkatnya, menurutnya santri harus siap mengemban amanah, yaitu amanah kalimatul haq. Berani mengatakan “iya” terhadap kebenaran walaupun semua orang mengatakan “tidak” dan sanggup menyatakan “tidak” pada kebatilan walaupun semua orang mengatakan “iya”. Itulah karakter dasar santri yang bumi, langit dan gunung tidak berani memikulnya, sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzaab ayat 72.

Di akhir sambutan ia juga mengingatkan kepada seluruh santri agar semakin cerdas dalam menyikapi penggunaan internet. Banyaknya berita bohong atau hoax yang menyebar di berbagai media online, diminta untuk dilawan.

“Santri harus bisa melawan hoax. Jika dulu para santri ikut berperang merebut kemerdekaan, maka saat ini santri harus ikut memerangi berita hoax yang bisa memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa. Menolak hoax adalah fadhu ain,” tegasnya.

Usai apel, dilanjutkan pelaksanaan pawai taaruf dengan start Alun-alun menuju Blok T dengan menyusuri rute Jl.Pemuda sejauh kurang lebih 1,5 kilometer. Bupati meminta kepada seluruh peserta pawai untuk tampil yang baik dengan penuh keramahan serta menjaga ketertiban.

Turu hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, jajaran Forkopimda Kabupaten Blora, seluruh pengurus PC NU Kabupaten Blora, Kepala OPD terkait dan tokoh agama. (Red-HB44/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Hari Santri Nasional di Blora, Bupati Pimpin Apel Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora