Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday 11 October 2017

Persiapkan Bandara Ngloram Blora, Kemen ESDM Alihkan Aset ke Kemenhub

Blora, Harianblora.com - Rencana reaktivasi bandar udara (bandara) Ngloram yang ada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora terus ditindaklanjuti. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI pada hari Senin (9/10/2017) kemarin menggelar rapat pembahasan pengalihan status Bandar Udara Ngloram yang dipimpin langsung oleh Sesditjen Perhubungan Udara Ir. M. Pramintohadi Sukarno, M.Sc.

Bertempat di Ruang Rapat Sesditjen Perhubungan Udara Gedung Karsa Lantai 5 Kemenhub Jakarta, rapat dihadiri oleh Bupati Blora yang diwakili oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si bersama Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Ir. Samsul Arief, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Sutikno Slamet, serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ir. Samguatama Karnajaya MT.

Wakil Bupati H.Arief Rohman, saat dihubungi Selasa (10/10/2017) mengatakan bahwa pada dasarnya Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub siap menerima pengalihan status Bandara Ngloram yang tadinya milik Kementerian ESDM. Kedua belah pihak sedang merencanakan dan mengidentifikasi aset-aset bandara yang akan dialihkan melalui Kementerian Keuangan.

“Proses penyerahan atau pengalihan aset Bandara Ngloram dari Kementerian ESDM ke Kemenhub akan melalui Kementerian Keuangan terlebih dahulu. Setelah pelimpahan aset selesai, nanti baru akan dilakukan pembagian peran antara Kemenhub dan Pemkab untuk pengaktifannya,” ucap Arief Rohman.

Saat ditanya kapan target pelaksanaan pengalihan aset tersebut, ia berharap tahun ini bisa selesai. Sehingga tahapan pengaktifan bandara bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya.

Begitu juga dengan Kepala Dinrumkimhub Kab.Blora Ir. Samsul Arief. Ketika dihubungi Selasa (10/10/2017) ia merasa bersyukur atas kemajuan perkembangan reaktivasi bandara Ngloram. Ia berharap pengalihan status kepemilikan dari Kementerian ESDM ke Kemenhub bisa segera dilaksanakan.

“Alhamdulillah ada kemajuan mas.. sedang dipercepat proses transfer aset lahan bandara Ngloram dari Kementerian ESDM kepada Kementerian Perhubungan. Semakin cepat semakin baik,” ujar Samsul Arief, kepada tim pemberitaan Humas Protokol Setda Blora.

Ia mengatakan, tindak lanjut dari rapat kemarin adalah segera mengadakan rapat teknis antara Kementerian ESDM dan Kementerian Perhubungan terkait materi aset bandara yg akan diserahkan. Hal itu dilakukan sebelum diajukan ke Menteri Keuangan guna persetujuan transfer aset.

“Kementerian Perhubungan juga masih memantabkan lagi perencanaan bandara.. seperti rencana induk dan amdalnya,” pungkasnya.

Diketahui bersama bandara Ngloram milik Kementerian ESDM yang terletak di Desa Ngloram Kecamatan Cepu ini sempat beroperasi pada tahun 1980 dan mulai off di tahun 1984. Sejak off, hingga kini landasan pesawat sepanjang 900 meter banyak digunakan masyarakat sebagai lokasi latihan mobil, menjemur padi dan ngabuburit saat puasa. (Red-HB44/Hms),
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Persiapkan Bandara Ngloram Blora, Kemen ESDM Alihkan Aset ke Kemenhub Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora