Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 14 October 2017

Mahasiswi STAINU Temanggung Juara Fashion Show di Magelang

Yeni Ervina
Magelang, Harianblora.com – Yeni Ervina, mahasiswi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah STAINU Temanggung, Jawa Tengah turut bahagia bisa melestarikan budaya produk Nusantara. Sebab, jika tidak kenal budaya asli Nusantara, maka calon guru akan kehilangan kearifan lokal atau local wisdom.

Sebagai calon guru PAI, ia juga menyempatkan ikut lomba dan berhasil menyabet Juara Harapan 2 pada agenda Artos Fashion Nation Kalawarsa 2017 yang berlokasi di Atrium Artos Mall Magelang, Jalan mayjend Bambang Soegeng nomor 1 Magelang, 13 Oktober 2017.

Meski Juara Harapan 2, ia bersyukur bisa ikut andil dalam mengampanyekan pakaian khas lokal yang dikenakannya. Apalagi, acara itu adalah fashion show dari desainer-desainer batik yang diselenggarakan Dekranasda Kabupaten Magelang, dalam rangkaian Artos Fashion Nation Kalawarsa 2017.

“Aku ikut fashion show yang Lomba Desain Motif Batik dan Lomba Desain Busana Batik. Meski tidak juara 1, tapi alhamdulillah masih bisa juara harapan 2 dengan desainner Bu Sri Kartini dari Gandusari, Bandongan, Magelang,” ujar dia.

Ervina juga menandaskan, salah satu poin yang bisa digerakkan dalam acara seperti itu adalah melestarikan pakaian adat, salah satunya adalah batik sebagai salah satu khazanah budaya Nusantara.

“Kalau cara nguri-nguri ya kita harus bangga memakai batik, membuat kesepakatan bagi yang masih kuliah atau sudah bekerja menetapkan. Misalnya hari Jumat memakai batik, walaupun tidak harus berseragam,” beber mahasiswi STAINU Temanggung semester V tersebut.

Sebagai calon pendidik, kata dia, menanamkan rasa cinta terhadap batik kepada peserta didiknya. “Begitu lah kira-kira kalau menurut saya,” pungkas dia.

Ia berharap, ke depan bisa mengikuti even promosi batik sebagai usaha melestarikan dan juga mempromosikan budaya lokal di Indonesia ini.(HB33/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mahasiswi STAINU Temanggung Juara Fashion Show di Magelang Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora