Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah Qurban.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 28 March 2016

Jumlah Orang Cerdas di Indonesia Terbatas

M Yudhie Haryono
Jakarta, Harian Blora – Jumlah orang cerdas di Indonesia menurut M Yudhie Haryono, Direktur Eksekutif Nusantara Centre sangatlah terbatas.

“Orang cerdas itu terbatas. Orang jenius itu misterius. Tapi keduanya punya ciri hampir mirip: melawan ketidakadilan; menghadirkan kemerdekaan; memproduksi kemandirian,” ujar M Yudhie Haryono, Senin (28/3/2016).

Keduanya menghancurkan struktur lama yang menindas, lanjutnya, keduanya tak dipahami oleh orang kebanyakan (awam). “Keduanya dimusuhi kaki tangan begundal kolonial. Keduanya musuh dan momok bagi pemuas nafsu diri dan kelompoknya,” tegas dia.

Kalau kalian belum melawan, kata dia, kalian pasti belum cerdas apalagi jenius. “Masih orang awam; yang bodoh dan dibodohi; yang budak dan melayani. Apalagi kalau kalian memusuhi warganegara sendiri, kalian hanya budaknya begundal. Padahal, tidak jadi manusia Nusantara jika belum menikam mati begundal kolonial di republik ini,” beber dia.

Apakah pendidikanmu membuatmu cerdas? Belum, kata dia, apakah agamamu membuatmu jenius? Belum.

“Apakah pemerintahanmu membuatmu merdeka? Belum. Apakah masyarakatmu membuatmu mandiri? Belum. Lalu? Inilah kondisi postkolonial. Pendidikanmu, agamamu, pemerintahanmu, masyarakatmu hanya jadi sekrup bagi berlangsungnya neoliberal. Terjajah dan menangis secara tragis. Miskin tanpa kesadaran. Terkutuk tanpa kikuk,” tegas dia. (Red-HB99/Foto: YH).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jumlah Orang Cerdas di Indonesia Terbatas Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora