Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 15 February 2016

Kelangsungan Masa Depan Barongan Blora Bergantung Pada Peran Generasi Muda

Blora, Harianblora.com - Barongan Blora kian hari kian mengalami perkembangan. Dari segi bentuk, iringan, bahkan tarian selalu mengalami kemajuan yang signifikan. Hal ini tak terlepas dari semakin kreatifnya grup seni Barongan Blora dan semakin tingginya minat masyarakat terhadap Barongan Blora.

Salah satu aspek yang terpenting dalam kelangsungan masa depan Barongan Blora adalah peran generasi muda. Generasi muda diharapkan untuk melanjutkan perjuangan para terdahulu mereka, yang telah berjeri payah mengembangkan Seni Barongan Blora hingga memiliki nilai jual hingga saat ini.

Baru - baru ini, pada Minggu, 14 Februari 2015 diadakan pertemuan di Sanggar Risang Guntur Seto Kunden, Blora. Pada pertemuan tersebut, hadir Adi Wibowo (pemimpin Seni Barong Risang Guntur Seto) beserta para pemuda pelaku kesenian Barongan Blora, antara lain Arbhito Iqbal (Ketua Seni Barong Bifang Kencana), Indra Bagus Kurniawan (Ketua Seni Barong Sardulo Krida Mustika), Ridwan Arif (Ketua Seni Barong Singo Pole), dan Mayriko (Dhalang Blora).

Dalam pertemuan tersebut, Adi Wibowo atau biasa disapa dengan Om Didik memberikan wejangan kepada para ketua Seni Barong yang semuanya masih berusia remaja tersebut, tentang bagaimana strategi guna mampu membangun sebuah grup yang berkualitas, serta ketua Risang Guntur Seto tersebut berbagi pengalaman bagaimana awal mula terbentuknya Risang Guntur Seto hingga menjadi seperti sekarang.

Adi Wibowo juga berharap agar ketiga pemuda tersebut mampu membawa nama kesenian Barongan Blora kemanapun mereka hidup kelak, mengingat bahwa mereka akan menempuh jenjang perkuliahan. (Red-HB39./IBK).


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kelangsungan Masa Depan Barongan Blora Bergantung Pada Peran Generasi Muda Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora