Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 24 July 2015

Singo Taruno Budoyo, Seni Barongan Blora yang Semua Personelnya Masih Anak-Anak

Blora, Harianblora.com - Banyak orang berbicara bahwa generasi muda saat ini lupa dengan keseniannya sendiri karena tergeser oleh masuknya budaya luar. Tetapi pernyataan tersebut nampaknya tidak akan terjadi pada Kesenian Barongan Blora.
Hal ini terbukti semakin banyaknya bermunculan grup seni barongan Blora yang semua penari dan penabuh gamelan secara usia bisa dibilang masih anak-anak. Salah satu grup tersebut adalah Seni Barong Singo Taruno Budoyo.

Seni Barong Singo Taruno Budoyo merupakan grup yang seluruh penari dan penabuh gamelan mayoritas masih menuntut ilmu di SD Tawangrejo 01, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora.

Grup ini didirikan oleh Citranggada yang saat ini telah menjadi mahasiswa di ISI Surakarta. Dialah yang mengumpulkan sekaligus melatih anak-anak di sekitar rumahnya untuk berlatih menari dan menabuh Barongan Bora.

Singo Taruno Budoyo juga menerima undangan pentas di berbagai acara seperti sunatan, pernikahan, dan berbagai acara lainnya. Grup ini menjadi media melestarikan budaya lokal sekaligus membuktikan masih tingginya rasa cinta generasi muda terhadap kebudayaannya sendiri. (Red-Harian Blora39/Foto: Harian Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Singo Taruno Budoyo, Seni Barongan Blora yang Semua Personelnya Masih Anak-Anak Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora