Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 1 July 2015

Batu Akik Blora Harus Dinikahi Warga Blora

Blora, Harian Blora - Batu Akik Blora harus dinikahi warga Blora Jawa Tengah. Saat ini, banyak sekali orang mencari dan memburu batu akik, baik yang asli Blora maupun yang dari daerah lain. Seperti batu akik Rembang, batu akik Pati, batu akik Grobogan, batu akik Jepara, batu akik Demak, batu akik Kudus, batu akik Semarang dan sebagainya.

Baca juga: Batu Akik di Blora Kudus Demak Pati Rembang Semarang dan Jawa Tengah Mulai Demam Tinggi.

Dari penjelasan Sukarno (45) kolektor batu akik Cepu Blora, ia mengakui sebenarnya potensi batu akik Blora mampu menjadi potensi ekonomi yang mampu menghasilkan keuntungan besar.

"Selain itu batu akik Blora juga menjadi ikon dan kearifan ekonomi Blora," ujar pria tersebut.

Dinikahi di sini, kata dia, ya maksudnya dicintai, dilestarikan, dijaga dan dikampanyekan. "Apa saja jenisnya, mau bacan, lavender, badar besi, mau kalimaya, yang penting warga Blora harus cinta dulu," tegas dia.

Selama ini, demam batu akik memang masih mendera di Blora, dan umumnya di Jawa Tengah. Sebab, di berbagai daerah masih banyak pameran dan festival batu serta lomba batu mulia.

Kalau di Cepu dan Blora, kata Karno, memang agak sepi. "Tapi kalau di Blora hanya beberapa kali untuk pamerannya, terakhir di Blora Kota kemarin," ujar dia.

Pria penggemar batu akik jenis bacan ini mengatakan, sebenarnya banyak sekali kolektor batu akik di Blora yang sudah bergabung dalam komunitas. Akan tetapi, saat ini khusus di Cepu juga banyak yang bergabung dan mencari batu akik di wilayah Bojonegoro dan Ngawi.

"Kan kalau Cepu relatif dekat dengan Bojonegoro dan Ngawi," beber dia. Untuk itu, sebagai kolektor dan penggemar batu akik, ia berharap agar masyarakat Blora tetap melestarikan batu akik khas Blora sebagai salah satu kekayaan Blora. (Red-HB59/Foto: Harian Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Batu Akik Blora Harus Dinikahi Warga Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora