Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 28 July 2015

Mengunjungi Wisata Religi Blora, Makam Pahlawan Poucut Meurah Intan

Makam Cut Meurah Intan
Blora, Harian Jateng - Bagi warga Blora, Jawa Tengah dan sekitarnya, pantas mengunjungi wisata Religi Blora di makam pahlawan Poucut Meurah Intan yang dipercaya sebagai salah satu pahlawan yang gugur di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Makam ini menjadi salah satu destinasi wisata religi Blora yang laik dikunjungi. (Baca juga: 8 Wisata Religi Blora yang Wajib Dijamah).

Dalam sejarahnya, Poucut Meurah Intan atau juga dikenal sebagai Cut Meurah Intan dalah seorang Srikandi Aceh yang gugur di Kabupaten Blora. Sebenarnya, jika diteliti, banyak sekali pahlawan yang gugur di Blora, baik penduduk asli Blora atau pun pendatang. Sebab, banyak sekali orang-orang besar asli Blora yang gugur di luar Blora, baik di Jawa atau pun di luar Jawa maupun di luar negeri.

Literatur yang sudah banyak dijumpai, seperti yang digali Harian Blora, sebenarnya Poucut Meurah Intan adalah salah satu pahlawan wanita dari Aceh. Saat masih hidup, Poucut Meurah Intan  dipindahkan oleh Belanda dan diasingkan di daerah Blora. Menurut tulisan yang ada di nisan Poucut Meurah Intan, tertulis tanggal meninggal pada 20 September 1937.

Jika Anda tertarik dan penasaran, langsung ke lokasi makam Poucut Meurah Intan. Buktikan makam aslinya, dan jangan sekadar membaca dari internet yang kadang informasinya bias dan kurang valid.

Lokasi Makam Poucut Meurah Intan di Blora
Lokasi Makam Poucut Meurah Intan di Blora relatif dekat dengan Kota Blora. Lokasi makam Makam Poucut Meurah Intan di Blora ini berada di Pemakaman Umum Desa Temurejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Jika dihitung secara matematis, lokasi sekitar kurang lebih ada 5 Km ke arah utara dari Alun-alun Kota Blora. Anda bisa menuju lokasi dengan naik sepeda motor, bus, angkutan umum, mobil pribadi atau naik ojek di Blora.

Lokasi Makam Srikandi Aceh Poucut Meurah Intan kalau dari arah Blora berada di seberang kanan jalan. Sebab, untuk sebelah kiri jalan itu sudah masuk Makam Dukuh Panggur, Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora yang sudah dibangun oleh Panitia Pembangunan Desa Gempolrejo pada tahun 2012 lalu yang didanai dari APBD Kabupaten Blora tahun 2012.

Makam Nyai M Mukarromah dan M Abu Umar Imam Chourmain
Selain makam tersebut, di sekitar makam Cut Meurah Intan juga ada makamnya Nyi M. Mukarromah yang lahir pada 11 Januari 1907 dan wafat pada 19 September 1927.

Kemudian makam M Abu Umar Imam Chourmain yang lahir pada 2 April 1902 dan wafat pada 12 Oktober 1948.

Warga sekitar meyakini bahwa makam-makam di lokasi pemakanan Temurejo Blora tersebut adalah makam-makam orang besar yang dimakamkan khusus dan dibedakan dengan masyarakat biasa. (Laporan Harian Blora/Foto: IBK/Harian Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mengunjungi Wisata Religi Blora, Makam Pahlawan Poucut Meurah Intan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora