Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Sunday 17 September 2017

BNPB Hadiahi BPBD Blora Pembangunan Pusdalops

Blora, Harianblora.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia mengapresiasi keaktifan dan keseriusan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora dalam melaksanakan kinerjanya. Karena dianggap aktif dalam menginformasikan situasi kebencanaan, edukasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam, BPBD Blora pun diberikan hadiah oleh BNPB.

Hadiah itu menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat (Kapusdatinmas) BNPB, Dr. Sutopo Purwo Nugroho M.Si berupa pembangunan fasilitas gedung Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Pengendalian Bencana. Hal itu ia ungkapkan ketika berkunjung ke Blora, Sabtu (9/9/2017) lalu di acara Sosialisasi Budaya Sadar Bencana BNPB.

“BPBD Blora ini dipimpin oleh seorang perempuan hebat yang bernama Ibu Sri Rahayu. Ia satu satunya Kepala Pelaksana BPBD perempuan se Jawa Tengah dan salah satu dari sekitar 17 an Kepala Pelaksana BPBD perempuan se Indonesia yang aktif. Maka dari itu kami dari BNPB memutuskan untuk memberikan hadiah pembangunan Pusdalops senilai Rp 1,5 miliar,” ucap Sutopo.

Menurutnya Pusdalops yang dilengkapi dengan peralatan komputer dan beberapa alat komunikasi itu nantinya akan digunakan sebagai pusat pengolahan data, informasi dan pemberitaan tentang penanggulangan bencana yang ada di Kabupaten Blora.

“Pusdalops ini akan bermanfaat untuk menerima, mengolah dan mendistribusikan informasi kebencanaan. Yang kedua menerima, mengolah dan meneruskan peringatan dini kepada instansi terkait dan masyarakat tentang kebencanaan. Serta fungsi tanggap darurat sebagai fasilitator pengerahan sumber daya untuk penanganan tanggap darurat bencana secara cepat tepat, efisien dan efektif. Semoga bisa bermanfaat untuk Kabupaten Blora,” terangnya.

Ia mengatakan bahwa bantuan itu akan diwujudkan tahun ini juga. Bantuan pembangunan Pusdalops seperti ini tidak banyak diberikan kepada BPBD BPBD di daerah. Hanya daerah yang mempunyai prestasi keaktifan penginformasian kebencanaan yang diberikan.

Adapun Kepala Pelaksana BPBD Blora, Sri Rahayu, ketika dikonfirmasi Senin (11/9/2017) kemarin membenarkan bahwa bantuan pembangunan Pusdalops itu akan diwujudkan tahun ini. “Insya Allah tahun ini segera diwujudkan. Mohon doanya agar fasilitas kebencanaan di BPBD semakin lengkap,” ucapnya singkat.

Sri Rahayu yang akrab disapa Bu Yayuk ini pun mengucapkan terimakasih kepada BNPB yang telah memilih Blora sebagai lokasi pemberian bantuan pembangunan Pusdalops. Ia berharap Pusdalops tersebut kedepan bisa digunakan untuk menginformasikan kebencanaan di Kabupaten Blora seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, angin puting beliung dan kebakaran hutan. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: BNPB Hadiahi BPBD Blora Pembangunan Pusdalops Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora