Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 1 September 2017

Tampilkan Blandong Mblotong, Blora Sabet Juara 2 Parade Seni Jateng

Blora, Harianblora.com - Setelah menanti beberapa hari sejak hari Sabtu (26/8/2017) lalu, akhirnya diketahui kontingen kesenian Kabupaten Blora berhasil meraih Juara 2 dalam event Parade Seni Budaya Jawa Tengah yang dilaksanakan di Jepara pada Jumat malam (25/8/2017) silam. Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji, Rabu (30/8/2017).

Kabupaten Blora yang menampilkan tari “Blandong Mblotong” dari SMK Muhammadiyah 1 Blora dinilai berhasil menampilkan sebuah garapan seni pertunjukan rakyat tentang gotong royong penebangan pohon jati secara tradisional dalam sebuah tari kolosal.

Menurutnya, sejak start di depan Shoping Center Jepara (SCJ) hingga finish di Gedung Wanita Jepara, tim kesenian Kabupaten Blora secara terus menerus tampil dengan atraktif, performance yang bagus dan semangat. Hal inilah yang menjadi nilai plus dari Blora dalam event tahunan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke 67 kali ini.

“Alhamdulillah.. Kami bersyukur dapat juara lagi. Meskipun juara dua, ini menunjukkan bahwa kita tetap konsen dan konsisten mepromosikan atau mengenalkan Blora ke masyarakat luas tingkat regional atau nasional melalui garapan sebuah seni budaya lokal,” ucap Kunto Aji.

Menurutnya, pertunjukan seni budaya bisa digunakan sebagai daya tangkal virus-virus negatif. Oleh karena itu harus terus dilestarikan. Seperti saat parade seni budaya kemarin menunjukkan tampilan kab/kota semkin baik, membuktikan semakin bangga dengan budaya sendiri.

“Dengan kita meraih juara dua semoga kedepan bisa lebih termotivasi lagi, utamanya para seniman untuk lebih kreatif dan inovatif menggarap sebuah seni budaya dalam tampilan menarik/edukatif sekaligus menghibur,” terang Kunto Aji.

Sementara itu, Kasie Promosi Pariwisata Dinporabudpar Blora, Yetti Romdonah menjelaskan bahwa tari Blandong Mblotong merupakan garapan tari beride dari masyarakat Blora yang identik dengan lingkungan hutan jati. Blandong merupakan istilahbagi para kuli penggarap tanah yang bekerja bhakti kepada bekel dan raja untuk memotong dan mengangkut kayu dari hutan.

Sedangkan Mblotong merupakan istilah yang digunakan msyarakat Blora dalam menggambarkan usaha keras untuk mengangkat beban yang berat.
“Blandong Mblotong melambangkan keperkasaan, kebersamaan, gotong royong kerja keras semangat yang selalu bergelora dalam masyarakat blora dalam mencapai kemakmuran,” jelas Yetti.

Dengan hasil ini, menunjukkan bahwa Blora telah berhasil mempertahankan perolehan prestasi dalam gelaran Parade Seni Budaya tingkat Jawa Tengah sejak 2014 lalu. Diketahui bersama di 2014 Blora memperoleh Juara 1 dengan tampilan Barong Thong Cring, 2015 memperoleh Juara 2 dengan tampilan tari Ringkik Gidrang, 2016 memperoleh Juara Favorit dengan tampilan tari Sawung Tladung. Sedangkan kali ini tari Blandong Mblotong meraih juara 2 tahun 2017.

Adapun daftar lengkap pemenang Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2017 untuk Juara 1 Kabupaten Sragen, Juara 2 Kabupaten Blora, Juara 3 Kabupaten Boyolali, Juara Harapan 1 Kota Semarang, Juara Harapan 2 Kota Pekalongan, Juara Harapan 3 Kabupaten Wonosobo dan Juara Favorit Kota Magelang. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tampilkan Blandong Mblotong, Blora Sabet Juara 2 Parade Seni Jateng Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora