Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Sunday 24 September 2017

Tujuan Kuliah Jangan Mencari Ilmu!

Foto bersama usai diskusi
Semarang, Harianblora.com - Hamidulloh Ibda pengajar Jurusan Tarbiyah STAINU Temanggung menegaskan bahwa tujuan utama kuliah tidak sekadar mencari ilmu, menghilangkah kebodohan, dan mencari ijazah dan gelar untuk mencari pekerjaan. Namun lebih pada untuk menbahagiakan orang tua.

"Tujuan kuliah yang utama bagi saya ya nyenengke (menyenangkan) ibu dan bapak kita. Soal cerdas atau tidak, nanti lulus jadi apa, itu utopis dan terserah keputusan Tuhan," ujar dia dalam bersama mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang, Minggu sore (24/9/2017) yang bertajuk 'Sukses Kuliah, Sukses Organisasi' tersebut.

Anda, kata dia, jangan menyempitkan makna belajar. "Belajar itu luas dan tidak hanya dimonopoli oleh pendidikan formal, baik itu kampus maupun sekolah. Belajar itu bisa di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Apalagi saat ini media internet bisa memudahkan kita untuk belajar setiap saat. Jadi, kuliah itu tidak ada hubungannya dengan belajar, bahkan kalau menurut saya, kuliah itu ya cuma mencari ijazah dan gelar agar mudah mencari pekerjaan. Nanti, puncaknya bisa membahagiakan kedua orang tua kita. Soal belajar, tidak ada hubungannya dengan kampus dan sekolah," lanjut penulis buku Sing Penting NUlis Terus tersebut.

Bagi dia, suksesnya seorang mahasiswa itu bisa lulus cepat dan aktif di organisasi. "Silakan teman-teman aktif di organisasi apa saja. Mau intra, ekstra, pokoknya yang penting aktif. Dengan berorganisasi, Anda bisa belajar di kampus kedua itu, dapat relasi dan belajar mengelola dan menghadapi banyak orang," tegas Direktur Forum Muda Cendekia (Formaci) Jateng itu.

Dijelaskannya, model perkuliahan saat ini memang mendorong mahasiswa untuk lulus cepat. Artinya, lulus cepat saja tidak cukup, karena teori di kampus hanya bagian dari khazanah ilmu untuk kembali ke masyarakat. "Kuliah sejati itu sebenarnya ya di masyarakat. Kita menemukan berbagai macam masalah, dinamika, intrik dan benar- benar nyata. Maka agar bisa kuat, mahasiswa harus jadi aktivis," ujar mantan anggota Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Walisongo itu.

Oleh karena itu, menjadi akademis itu wajib, namun sangat kurang jika hanya kuliah saja. "Intinya mahasiswa itu minimal sukses akademik, organisasi dan sukses berkarir atau sukses pribadi," tandas lulusan Pascasarjana Unnes itu.

Namun, menurut dia, yang penting itu belajar dan adanya proses pembelajaran. "Bukan adanya sekolah atau kampus," papar penulis buku Demokrasi Setengah Hati tersebut. (Red-HB99/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tujuan Kuliah Jangan Mencari Ilmu! Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora