Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Friday 1 September 2017

Institut Pertanian Bogor dan Pemkab Akan Tingkatkan Agribisnis di Blora

Kota, Harianblora.com - Bupati Blora, Djoko Nugroho menerima kunjungan Rombongan Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dipimpin oleh Ketua Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Dr. Ir. Dwi Rachmina M.Si di Ruang Rapat Bupati Blora, Selasa (29/08/2017).

 Acara ini juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Blora Drs Bondan Sukarno MM, Kepala Bappeda Kabupaten Blora Ir Sutikno Slamet, Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Drs Karsimin MM, Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Edy Suprapto, M.Si, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Puji Ariyanto, S.Hut, M.Eng, serta General Manager (GM) GMM Bulog Blora Bambang Subekti.

Dwi Rachmina pada kesempatan ini menyampaikan bahwa pengembangan agribisnis dirasa menjadi salah satu yang potensial dilakukan di Kabupaten Blora. Agribisnis yang akan dikembangkan di Kabupaten Blora meliputi bidang perkebunan (tebu yang juga melibatkan GMM Bulog Blora, mete, dan lain-lain), bidang pertanian (hortikultura), bidang peternakan, UMKM, dan lainnya.

Tujuan perjanjian kerjasama ini adalah dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat) dalam upaya pengembangan dan pembangunan pertanian dan agribisnis di Kabupaten Blora. Selain itu juga untuk lebih meningkatkan kemampuan segenap potensi dan sumberdaya yang ada secara optimal guna menunjang pengembangan dan pembangunan wilayah yang berkelanjutan di Kabupaten Blora, guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Blora yang lebih sejahtera dan bermartabat.

Sutikno Slamet menyatakan perlunya pendampingan kepada para peternak sapi untuk pengembangan pakan, sehingga tidak ada lagi istilah “sapi makan sapi” ketika musim kemarau tiba. Istilah ini merujuk pada “keharusan” bagi para petani untuk menjual sebagian sapinya untuk mendapatkan pakan untuk sapi yang lainnya. Dengan adanya pendampingan, diharapkan para peternak sapi dapat menyediakan pakan di segala musim.

Senada dengan Sutikno Slamet, Bupati Blora juga berharap agar ke depan kerjasama juga dapat terjalin dalam hal pendampingan peternak sapi dalam pembuatan dan pengolahan pakan ternak yang murah, mengingat tingginya populasi sapi di Kabupaten Blora.
"Di Blora ternak hanya sebagai ingon-ingon saja dan belum ada pengembangannya, baru ada 6 BUMDes percontohan, tolong didampingi agar bisa membuat pakan ternak yang murah," ujarnya.

Djoko Nugroho dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Blora tengah melakukan kerjasama dengan UGM perihal pengabdian kepada masyarakat. Dia berharap, ke depan Kabupaten Blora dapat menjalin kerjasama serupa dengan IPB untuk meningkatkan taraf hidup mesyarakat desa.

“Tolong segera dibentuk tim inti untuk membahas rencana kerjasama lebih lanjut, biar bisa segera terlaksana,” ujarnya.. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Institut Pertanian Bogor dan Pemkab Akan Tingkatkan Agribisnis di Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora