Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 22 September 2017

Gerakan Literasi Sekolah di Blora Makin Taji

Blora, Harianblora.com - Sejalan dengan program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dalam amanah Perpres No 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dan momentum Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang diperingati pada tanggal 14 September 2017, DPK (Dinas Peepustakaan dan Kearsipan) Pemda Blora melaksanakan optimalisasi pembinaan literasi di sekolah dasar. 

Kegiatan yang dilaksanakan dengan jumlah sasaran 32 lokasi ini tersebar merata di seluruh wilayah kecamatan se Kabupaten Blora. Menurut Drh. R. Gundala Wejasena MP, Kadin DPK kegiatan ini dimaksutkan untuk meningkatkan potensi literasi pelajar sekolah dasar, khusunya bagi sekolah yang memiliki lokasi jauh dari layanan menetap perpustakaan umum kabupaten.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Perpustakaan ini oleh Slamet Widodo, MSi selaku kepala bidang, menyampaikan bahwa saya prioritaskan untuk sekolah pinggiran, sebab kami ingin membina animo baca sebagaimana potensi literasi mereka, sekaligus mensosialisasikan akan urgensitas perpustakaan sebagai sarana belajar sepanjang hayat.


Setiap hari saya jalankan semua armada pusling, terhitung sejak awal september hingga akhir november 2017 nanti.  Semua sekolah yang kami kunjungi, semua sangat antusias dengan kegiatan ini, sungguh hal yang mengesankan bagi kami; lanjutnya penuh ekspresi akan suksesi dan situasi selama pelaksanaan kegiatannya.

Kegiatan yang diawali tgl 4 sept 2017 di dua lokasi berbeda secara bersamaan; SDN 2 NGliron dan SDN 1 Kalisari ini dilaksanakan sejak pukul 07.00 s/d selesai. Sangat beragam tantangan yang dirasakan, terutama oleh driver  pusling DPK dalam mencapai target lokasi sekolahnya, diantaranya Erika dan Taufik yang terbiasa membawa mobil pusling dengan jenis MPV ukuran velg ring13 inch, mereka sering mengeluh ketika melintasi medan jalan berlobang dan berbatu; 


"Saat kemarau saja susah banget gini, apalagi nanti kalau musim penghujan, pasti tidak dapat dilalui karena ban selip," bebernya.

Tak ayal dengan kondisi medan dan kendaraan pusling yang tidak proporsional tersebut, perjalanan ke lokasi sering mengalami kesusahan serta mengakibatkan benturan khususnya diperangkat kolong kendaraan. _Ini cocoknya mobilnya berpostur tinggi dan 4WD alias 4 wheels drive, yang menggunakan ke-empat roda untuk bergerak. 


Semoga kelak perpusnas memberikan hibah kendaraan baru, sehingga saat di medan seperti ini dimungkinkan lancar, karena  tenaga dan dorongan mesin yang powerful menjamin dimedan berat; kata Pustakawan DPK; Farid Rohmawantika ketika mengkoordinir kegiatan di SDN 2 Selogender, desa berbatasan dengan Kabupaten Ngawi Jawa timur. 


Mengingat kondisi medan jalan daerah pinggiran yang belum seluruhnya dapat ditempuh, maka saat di SDN 2 Buloh Kecamatan Kunduran tim pusling DPK Blora memanfaatkan Truck Multifungsi. Sambutan pun diterima dengan sangat meriah, menurut Slamet, Spd kepala sekolahnya kegiatan pembinaan minat baca tersebut adalah pertama kali dilaksanakan di sekolahnya. Yanto, salah satu siswanya juga sangat berkesan, berkali2 dia menganti2 buku bacaannya. Dia berharap kegiatan tersebut dapat sering dilaksanakan di sekolahnya. (Red-HB99/Farid).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Gerakan Literasi Sekolah di Blora Makin Taji Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora