Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 26 September 2017

Sertifkasi Tanah di Blora Akan Semakin Mudah

Blora, harianblora.com - Peringatan Hari Agraria Nasional 2017 yang jatuh pada 24 September kemarin diperingati dengan pelaksanaan Upacara Bendera di halaman Kantor Agraria Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Blora, Senin pagi (25/9/2017).

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Bupati Djoko Nugroho, dengan peserta upacara seluruh jajaran pimpinan dan anggota Kantah ATR/BPN Kab.Blora, Notaris, Darma Wanita, perwakilan Kepala OPD terkait dan pelajar.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan Selamat Hari Agraria Nasional dan berterimakasih kepada seluruh jajaran Kantah ATR/ BPN atas dedikasi dan kerja kerasnya selama ini dalam hal program sertifikasi tanah. Ia juga mengajak agar Kepala Kantah ATR/BPN segera melaksanakan sosialisasi kemudahan proses sertifikasi tanah, karena hingga saat ini program itu baru dinikmati kalangan menengah ke atas.

“Saya berharap Pak Mujiono (Kepala Kantah ATR/BPN-red) bisa segera menggelar sosialisasi program kemudahan proses sertifikasi tanah. Undang semua Camat, Lurah, dan Kepala Desa se Kabupaten Blora. Begitu juga para penegak hukum. Saya siap membuka sosialisasinya, karena sertifikasi tanah ini sangat penting,” tegasnya.

Menurut Bupati, hingga saat ini di Kabupaten Blora masih banyak tanah yang belum bersertifikat, terutama di desa-desa. Masyarakat desa kebanyakan buta tentang informasi proses sertifikasi tanah, sehingga kewajiban pemerintah untuk melakukan sosialisasi.

Dalam upacara tersebut, Bupati juga menyampaikan amanat dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A Djalil, yang menerangkan bahwa Hari Agraria Nasional tahun ini mengusung tema "Sertifikasi Tanah dan Penataan Tata Ruang Untuk Kesejahteraan Rakyat."

Tema tersebut mengandung maksud agar seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, para stakeholder, serta seluruh lapisan masyarakat, dapat bersatu padu dan ikut berperan aktif dalam menyukseskan berbagai program strategis nasional di bidang agraria/ pertanahan dan penataan ruang yang lebih berkualitas.

Untuk diketahui, sampai dengan akhir tahun 2016, secara nasional baru sekitar 45% jumlah bidang tanah yang sudah terdaftar di seluruh Indonesia. Kementerian ATR/BPN melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bertekad menyelesaikan pemetaan, registrasi dan sertifikasi tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia hingga 2025.

“Jika pada tahun-tahun sebelumnya, target sertifikasi tanah rakyat melalui Prona, kurang dari 1 juta bidang per tahun, maka pada tahun 2017 ini targetnya ditingkatkan menjadi 5 juta bidang tanah, kemudian meningkat lagi menjadi 7 juta bidang tanah pada tahun 2018 dan pada tahun 2019 ditingkatkan menjadi 9 juta sertipikat tanah akan diterbitkan,” ujarnya.

Usai membacakan amanat Menteri, Bupati melakukan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10, 20 dan 30 tahun kepada 9 orang pegawai Kantah ATR/BPN Blora. Dilanjutkan penyerahan sertifikat Hak Atas Tanah secara simbolis kepada orang warga masyarakat.

“Selamat kepada para penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya, dan selamat kepada penerima sertifikat Hak Atas Tanah. Simpan dan pergunakan sertifikat ini sebagaimana mestinya, ojo diwenehke wong liyo,” pungkasnya.

Adapun daftar penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya adalah sebagai berikut :
  1. Satya Lencana Karya Satya 10 tahun kepada Suroso Adi Budi, SST
  2. Satya Lencana Karya Satya 20 tahun kepada Subiyanto SH, MM; Sukur, A.Ptnh, MH; Koes Darjati A.Ptnh
  3. Satya Lencana Karya Satya 30 tahun kepada Edy Sudaryanto A.Ptnh; Mujiono A.Ptnh, MM; Darman, Sugeng dan Gino

Daftar penerima sertifikat Hak Atas Tanah
  1. Hak Wakaf Tanah di Desa Ngampel atas nama Narto dkk
  2. Hak Wakaf Tanah di Kelurahan Kunden atas nama Haryanto dkk
  3. Hak Milik Tanah di Desa Kemiri Kecamatan Jepon atas nama Sumiati
  4. Hak Milik Tanah di Desa Kemiri Kecamatan Jepon atas nama Sujinah
  5. Hak Milik Tanah di Desa Jomblang Kecamatan Jepon atas nama Suwaji
  6. Hak Milik Tanah di Desa Jomblang Kecamatan Jepon atas nama Dwi Fajariyanti
  7. Hak Milik Tanah di Desa Gedangdowo Kecamatan Jepon atas nama Supardi
  8. Hak Milik Tanah di Desa Gedangdowo Kecamatan Jepon atas nama Sukayat

Sujinah, salah satu penerima sertifikat hak milik atas tanah dari Desa Kemiri mengucapkan terimakasih atas diterbitkannya surat sertifikat atas tanah miliknya. Dengan adanya sertifikat, dirinya semakin mudah dalam hal kepengurusan tanah.

Terpisah, Kepala Kantah ATR/BPN Blora Mujiono A.Ptnh, MM, mengucapkan terimakasih atas kesediaan beliau Bupati Djoko Nugroho menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Agraria Nasional 2017.

“Terimakasih atas dukungan Pak Bupati atas terselenggaranya upacara ini dan program program agraria di Kabupaten Blora. Kami merasa sangat terbantu, dan semoga kerjasama yang baik antara ATR/BPN dengan Pemkab Blora bisa terus berjalan dengan baik,” ucap Mujiono. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sertifkasi Tanah di Blora Akan Semakin Mudah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora