Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Thursday 5 November 2015

Kekeringan, Warga Sembongin Banjarejo Kesusahan Cari Air Bersih

Warga Sembongin, Banjarejo, Blora yang masih mencari air di belik karena kekeringan.
Blora, Harian Blora –  Meskipun pada Selasa (3/11/2015) malam, hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Blora, akan tetapi hal itu tidak berarti menuntaskan derita warga Blora yang kesulitan air bersih.

Sebab, hujan perdana tersebut belum bisa memenuhi pasokan air bersih pada warga, sehingga dampak ketersediaan air belum ada. Hal itu membuat tetap saja sebagian besar warga di Blora masih kesulitan air bersih.

Droping air dari banyak pihak ke sejumlah desa di Blora masih tetap saja dinanti. Salah satu warga yang kesulitan air adalah di Desa Sembongin, Kecamatan Banjarejo, Blora, yang tetap saja kesulitan air bersih meski pada Selasa (3/11/2015) malam Blora sudah diguyur hujan deras.

”Sudah dua bulan ini, warga kesulitan air bersih sehingga selama ini andalannya adalah droping air dari berbagai pihak,” papar Dasir salah seorang warga setempat.

Jika tidak ada droping, untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari warga Sembongin membuat belik (sumur kecil) di dasar sungai Lusi, yang airnya sudah mengering. Dari pantauan, sedikitnya ada 25 belik yang ada di dasar Sungai Lusi yang dibuat warga.

Dari belik-belik itulah, warga sehari-hari mengambil air. Karena untuk menuju dasar sungai medannya cukup terjal, sehingga dalam sehari warga maksimal hanya bisa mengambil dua pikul air.

Kades Sembongin, Muntoha menjelaskan, kesulitan warganya untuk mendapatkan air bersih,merupakan penderitaan tahunan. Artinya di setiap musim kemarau tiba, seluruh warga Desa Sembungin akan bergelut dengan sulitnya mendapatkan air bersih.

Kades Muntoha, mengatakan di setiap musim kemarau air merupakan barang berharga bagi warga Sembungin. Dimana disaat puncak-puncaknya musim kemarau, pembuatan belik di dasar sungai merupakan andalan warga untuk mendapatkan air bersih.

”Disini itu untuk mencari air bukan saja untuk memenuhi orang saja, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan minum ternak sapi, karena kebanyakan warga Sembungin memelihara ternak sapi,” jelas Muntoha.

Disinggung soal droping air ? Dikemukakan, selama ini sudah banyak bantuan air dari banyak pihak. Hanya saja jumlah droping dengan kebutuhan warga sangat tidak seimbang, sehingga tetap saja warga Sembungin kesulitan air.

Universitas Muria Kudus (UMK) dan Harian Suara Merdeka serta jajaran Kodim 0721/Blora, tak lama ini juga malkukan droping air bersih di Desa Sembongin, Banjarejo, Blora.

Danramil Banjarejo, Kapten Inf. Sukemi, menjelaskan, dari 20 desa yang ada di wilayah Kecamatan Banjarejo, sengaja dipilih Desa Sembungi karena tingkat kesulitan warga untuk mendapatkan air bersih tergolong parah.
 .
”Kami sengaja memilih Desa Sembungin karena tingkat kesulitan warga akan air bersih tergolong parah. Mudah-mudahan dengan bantuan air bersih ini bisa sedikit membantu warga Desa Sembongin yang sedang kesulitan air,” jelas Danramil Kapten Sukemi.

Di kesempatan itu, hadir dari UMK Wakli Rektor, Drs H Moh, Syafe’i Mpd. Sementara dari Kodim Blora, mewakili Dandim Letkol Inf. Ariful Mutaqin, tampak hadir sendiri Danramil 03/Banjarejo, Kapten Inf. Sukemi.

Tampak ratusan warga antusias dengan adanya bantuan air bersih itu. Tua muda, laki-laki,perempuan, saling berebut air.

”Maturnuwun Pak, wonten mriki toya sampun angel sakestu (Baca: Termakasih Pak. Di sini air sudah sulit sekali),” ungkap beberapa warga Sembongin.

Kades Muntoha, atas nama warga setempat mengucapkan banyak terimakasih karena telah dibantu. ”Terimakasih sekali dengan adanya TNI yang bekerjasama dengan UMK dan Suara merdeka yang mau peduli droping air ke desa kami,” beber dia. (Red-HB44/Sujono Pendim).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kekeringan, Warga Sembongin Banjarejo Kesusahan Cari Air Bersih Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora