Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 27 May 2016

Pabrik Gula di Blora dan Lamongan akan Giling Bersama Awal Juni 2016

Ilustrasi
Bojonegoro, Harianblora.com - Dua pabrik tebu di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, dan Kabupaten Blora, Jawa Tengah, akan giling bersamaan pada Rabu, 1 Juni 2016.  Pabrik gula yang tengah mempersiapkan giling adalah PT Gendis Multi Manis (PT GMM), yang berlokasi di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. “Kami giling awal bulan Juni,” ujar Direktur Utama PT GMM Blora Kamadjaya kepada wartawan, Kamis, 26 Mei 2016 seperti yang dilansari dari Tempo.co.

Pabrik yang berlokasi sekitar 36 kilometer dari Kota Blora ini diproyeksikan memproduksi sekitar 5.000 ton gula per hari. Sedangkan kapasitas mesin gilingnya bisa mencapai 6.000 ton gula per hari.

Kamadjaya menuturkan perusahaannya telah menyiapkan lahan tebu sekitar 4.000 hektare, yang ada di Kabupaten Blora dan sekitarnya. Perusahaan juga menunggu kiriman tebu dari luar Blora. Termasuk dari Bojonegoro, Purwodadi, dan Rembang. Paling tidak perusahaan tersebut nantinya bisa memenuhi kebutuhan giling yang ditargetkan sekitar 40 ribu ton pada musim giling, dari 1 Juni hingga Oktober 2016.

Giling bersama juga dilakukan pabrik tebu PT Kebun Tebu Mas (KTM), Kecamatan Ngimbang, Lamongan, Jawa Timur. Pemerintah Kabupaten Lamongan berharap keberadaan pabrik gula bisa membawa gairah para petani tebu di Lamongan. “Ya, harapan Pak Bupati (Bupati Fadeli), petani tebu bisa sejahtera,” ujar juru bicara Pemerintah Kabupaten Lamongan, Sugeng Widodo, kepada wartawan, Kamis, 26 Mei 2016. Selain itu, kata Sugeng, giling tebu di Lamongan bisa mengurangi ketergantungan pada gula impor.
 

Adapun pabrik gula PT Kebun Tebu Mas (KTM) dijadwalkan melakukan penggilingan pada 1 Juni mendatang. Pabrik tebu ini mengklaim mampu memproduksi 12 ribu tons of cane per day (TCD). Lokasi pabrik seluas 80 hektare itu akan menampung ratusan ton tebu yang siap giling. Menurut penjabat humas PT KTM Lamongan, Mustofa, pada tahap awal produksi, baru dihasilkan sekitar 5.000 TCD. Secara bertahap, pabrik bisa melakukan penggilingan hingga 12 ribu TCD. (Red-HB99).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pabrik Gula di Blora dan Lamongan akan Giling Bersama Awal Juni 2016 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora