Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 6 January 2016

3 Kata Istimewa

Indry Maulidia
Oleh: Indry Maulidia
Penulis adalah Mahasiswi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Ada ungkapan bahwa mulutmu adalah harimaumu, ada juga ungkapan yang mengatakan bahwa  lidah itu lebih tajam dari pada sebuah pedang. Ungkapan-ungkapan seperti itu sebenarnya menggambarkan bahwa betapa pentingnya menjaga setiap kata yang keluar dari mulut kita, sebab satu kata saja yang kita ucapkan melalui bibir kita itu akan berdampak besar pada kehidupan dan lingkungan kita.

Tidak memandang siapa yang kita ajak berbicara, apakah atasan, bawahan, sesama, bahkan anak kecil sekalipun, perkataan tetap akan memberikan efek, baik pada diri kita maupun lawan bicara kita, karena setiap ucapan yang kita lontarkan itu memiliki pengaruh yang sangat luar biasa bagi psikologis (perasaan) orang yang mendengar atau orang yang kita ajak berbicara. Contohnya ketika ucapan kita menyinggung persaan orang lain, maka sudah tentu orang tersebut akan kurang responsif terhadap kita, bahkan bisa jadi orang tersebut nekat berbuat kasar terhadap kita.

Begitu pula sebaliknya, jika kita berkata baik kepada orang tersebut, maka perasaan orang tersebut akan merasa tersanjung, dan tentu saja hormat kepada kita. Itu salah satu contoh dari dampak sebuah ucapan yang dapat mempengaruhi sisi psikologis seseorang, oleh sebab itu membiasakan diri untuk selalu berkata baik terhadap orang lain perlu dilakukan, dan mulailah kebiasaan itu dari kata yang paling dasar yaitu: Maaf, Tolong, dan Terimakasih, karena ketiga kata dasar inilah yang merupakan wujud penghargaan kita terhadap orang lain, dan secara tidak langsung juga merupakan wujud kita untuk menghargai diri sendiri.

Maaf
Semua manusia tentu pernah meelakukan kesalahan, entah terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain. Dan kata maaf merupakan kata yang efektif untuk diucapkan ketika kita melakukan kesalahan terhadap orang lain. Memang, perihal meminta maaf atau memaafkan bukan perkara yang mudah, perlu adanya ketulusan dan kelapangdadaan untuk melakukan hal tersebut, namun budaya dan pedoman agama yang mengajarkan hal tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman kita untuk hidup berbaur dalam masyarakat.

Selain untuk memperbaiki silaturahmi, meminta maaf atau memaafkan juga mempunyai manfaat jasmaniah maupun rohaniah bagi kita. Dengan meminta maaf atau memaafkan, tentu meminimalisir adanya perasaan dendam yang ada di dalam hati kita. Dengan brgitu, perasaan kita akan tenang dan damai sepanjang masa. Dan seseorang yang pemaaf tentu tidak akan mudah marah.

Kata maaf memiliki energi yang sangat besar terhadap kita mupun lingkungan kita, misalnya saja hubungan pertemanan yang merenggang akibat perkelahian, akan kembali pulih ketika saling memaafkan. Seperti menurut Lynn Johnston, permintaan maaf adalah lem terkuat untuk merekatkan harmoni kehidupan, karena ia (maaf) dapat memperbaiki apa saja.

Tolong 
Sebagai makhluk sosial manusia tentu tidak dapat hidup sendirian, maka dari itu manusia hidup secara berkelompok dan bermasyarakat. Karena sadar bahwa segala sesuatu tidak dapat dilakukan setiap orang secara sendiri, maka peran orang lain sangat penting untuk membantu memenuhi kebutuhan kita. Didalam setiap pertolongan pasti ada yang namanya kata tolong, langsung maupun tidak langsung itu merupakan alamiah dari sebuah permintaan tolong.

Kata tolong itu sendiri memang sangat sederhana , namun dengan kesederhanaannya itu kita jangan lantas menyepelekan sebuah kata tolong, karena perlu diketahui bahwa kata dan ucapan tolong sangat berdampak luar biasa pada psikologis atau perasaan orang yang kita mitai tolong. Contoh bagaimana perasaan kita ketika kita dimintai tolong untuk mengerjakan sesuatu, tetapi orang yang meminta tolong itu tidak mengucapkan kata tolong malah mereka menyuruh dengan nada tinggi. Tentunya kita pasti sangat marah dan merasa tidak dihargai oleh orang tersebut dan bisa jadi kita menjadi benci kepada orang tersebut, padahal penyebab hal ini hanya sebuah kata kecil yang berberbunyi “tolong” tidak diucapkan.

Meminta bantuan orang lain dengan mengucapkan kata tolong jauh lebih sopan dari pada tidak menggunakan kata tolong. Walaupun sepele, namun dampaknya sangat berpengaruh untuk orang yang dimintai tolong. Ketika meminta bantuan dengan mengucapkan kata tolong, seseorang yang dimintai tolong tersebut merasa tidak segan untuk membantu kita, malah akan merasa senang, karena dengan kata tolong tadi menjadikan permintaan bantuan bukan suatu perintah atau suruhan yang notabennya kurang disukai oleh banyak orang. Selain itu juga tolong memiliki efek yang dahsyat, bukan saja bagi yang mendengar, tetapi juga bagi yang mengucapkannya sebab sebuah kata kata tolong dapat membangun hubungan yang istimewa antara manusia dengan manusia lainnya, hal ini di karenakan sebuah kata tolong mengandung arti “menghargai”, dan ingatlah juga bahwa dengan menghargai orang lain maka kita berarti menghargai diri sendiri. Maka dari itu janganlah pernah lupa ketika kita meminta bantuan kepada orang lain baik atasan, bawahan, tukang parkir, satpam, office boy, ucapkanlah kata tolong terlebih dahulu karena kata tolong itu adalah tali penyambung dari sebuah hubungan baik yang juga dapat sebagai pengukuran kesejajaran derajat kita sebagai manusia dimata Tuhan.

Terima Kasih
Ucapan terima kasih adalah ucapan yang memiliki banyak makna. Namun jika dilihat dari akar katanya terima kasih hanya terdiri dari dua kata yaitu terima dan kasih, yang dimana ini memiliki arti bahwa setelah kita menerima (terima) kita juga harus memberi (kasih), itulah secara umum makna dari terima kasih. Apapun pandangan kita mengenai kata terima kasih ini, yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengucap kata terima kasih kepada orang yang telah bersedia membantu kita, sekecil apapun bantuan itu. Sebab, hal tersebut merupakan suatu keharusan yang paling tidak sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kita kepada mereka, termasuk didalamnya rasa syukur kita terhadap Tuhan.

Ucapan terima kasih memang terlihat sangat simple namun dibalik itu, kata terima kasih memiliki dampak psikologi yang sangat besar , baik bagi yang mengucapkannnya maupun yang diberi ucapan tersebut. Selain itu terima kasih merupakan sebuah ungkapan yang dapat memberikan energi positif bagi yang memberi maupun yang diberi ucapan terimakasih, akan tetapi ucapan tersebuat akan lebih dasyat lagi bila kita tidak hanya sekedar mengucapkannya saja. Kita sesekali perlu memberikan imbalan baik berupa materi ataupun jasa, dan tentu saja doa yang tulus juga, maka terimakasih kita itu akan sangat dihargai oleh orang yang pernah membantu kita , dan selain itu juga rasa terima kasih kita kepada sesama bisa juga menjadibentuk rasa syukur kita kepada Tuhan, karena Beliaulah yang selalu memberikan bantuan kepada kita melalui orang-orang-Nya dan memberikan kenikmatan hidup ini kepada kita.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 3 Kata Istimewa Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora