Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 7 January 2016

Manfaat Petai untuk Kesehatan

Foto: Hariansemarang.com
Oleh Anis Zulfanna M
Penulis adalah Mahasiswa PGSD UST Yogyakarta

Manfaat petai untuk kesehatan menjadi rujukan berbagai para ilmuwan. Petai, pete, atau mlanding (Parkia speciosa) yang merupakan pohon tahunan tropika dari suku (Famili) polong-polongan (Fabaceae), anak suku petai-petaian (Mimosoideae). Tumbuhan petai banyak tumbuh di nusantara bagian barat. Bijinya yang disebut petai, dikonsumsi saat masih muda, baik dikonsumsi saat masih segar, direbus ataupun dimasak.

Tinggi pohon petai bisa mencapai 20 meter, daunnya majemuk, dan tersusun sejajar. Bunga petai biasanya muncul di dekat ujung ranting. Buahnya besar memanjang yang bertipe buah polong. Dalam satu bongkol bisa terdapat hingga belasan buah.

Apa Anda suka dengan buah petai? Atau sebaliknya, Anda sangat benci dengan petai?  Bagi yang suka dengan buah petai, biasanya petai dinikmati untuk lalapan, sambal, atau sebagai pelengkap masakan karena rasanya yang enak. Sebaliknya, orang yang benci dengan buah petai karena rasanya yang sedikit terasa pahit dan baunya yang tidak sedap. Petai bisa menimbulkan bau yang tidak sedap karena kandungan asam amino yang terkandung pada biji petai mengandung unsur sulfur. Kandungan tersebut yang membuat petai menghasilkan bau yang tidak sedap dan sangat menyengat.

Tetapi, sepertinya Tuhan memang adil. Meskipun petai banyak dihindari oleh banyak orang karena baunya yang tidak sedap, namun ternyata petai memiliki banyak kandungan gizi, dan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan gizi pada petai, antara lain: protein, karbohidrat, fosfor, vitamin A, vitamin C, serat, zat besi, kalium, dan gula alami (sukrosa, fruktosa, dan glukosa).

Agar Anda tidak meremehkan petai lagi, berikut ini beberapa manfaat untuk kesehatan yaitu:
1. Manfaat yang pertama yaitu dapat meredakan depresi pada seseorang. Kandungan zat tryptophan dalam petai adalah yang bisa meredakan depresi pada seseorang. Ada beberapa efek dari tryptophan yang terkandung pada petai, antara lain:
a. Membuat tubuh menjadi lebih rileks
b. Membuat tubuh dan perasaan terasa lebih bahagia
c. Dapat memperbaiki mood dan emosi seseorang
2. Menghilangkan Gatal Karena Gigitan Nyamuk
Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, bagian kulit petai pun ternyata memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini adalah dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Berikut ini cara mengurangi dan menghilangkan rasa gatal dengan menggunakan kulit petai :
a. Ambil bagian dalam dari kulit petai
b. Gosok-gosokan bagian dalam kulit petai tersebut pada daerah kulit yang gatal karena digigit nyamuk.
3. Melancarkan Pencernaan
Kadar serat dalam petai dapat membantu mengatasi masalah susah buang air besar dan berbagai masalah pencernaan.
4. Baik untuk Kesehatan Lambung
Biji petai ternyata sangat bersahabat dengan lambung manusia. Meskipun dimakan secara mentah, buah ini tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lambung. Petai sangat baik bagi lambung, karena:
a. Dapat menetralisir asam lambung
b. Mengurangi iritasi dan luka pada bagian lambung
c. Mencegah terjadinya infeksi pada lambung
5. Mengatasi Gangguan saat PMS
PMS (Pre Menstrual Syndrome) biasanya dapat membuat seorang wanita dengan cepat berubah mood dan kondisi emosinya. Dengan mengkonsumsi pete ini, maka akan membantu menstabilkan mood. Hal ini merupakan efek dari tryptophan. Selain itu, petai juga mengandung manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu memperbaiki mood seseorang.
6. Mencegah Terjadinya Anemia
Buah petai ternyata sanggup mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi tinggi yang terkandung dalam buah petai. Anemia bisa mengakibatkan:
a. 5 L (lemah, letih, lesu, lunglai, lemas)
b. Tubuh terasa tidak bertenaga
c. Mudah terserang penyakit yang ringan
d. Mudah pusing dan mual-mual
e. Tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal
Dengan mengkonsumsi petai, beberapa gejala diatas dapat dicegah dan tidak akan muncul pada diri Anda.
7. Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok
Anda ingin mencoba berhenti dari kebiasaan merokok? Ternyata kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium yang terkandung di dalam petai ini dapat membantu dalam menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh.
8. Mengandung Antioksidan
Buah atau biji petai ini juga merupakan salah satu yang memiliki manfaat antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dapat membantu :
a. Meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh
b. Mencegah tubuh terjangkit berbagai macam penyakit
c. Baik untuk kesehatan tubuh

Dibalik manfaat petai yang cukup banyak, tetapi ada beberapa efek samping dari mengkonsumsi petai, seperti: bagi seseorang yang menderita penyakit ginjal, sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi petai. Perlu diingat juga, meskipun petai itu banyak manfaatnya, tetapi alangkah baiknya untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi petai. Karena jika mengkonsumsi petai terlalu banyak bisa meningkatkan asam urat dan reumatik. Disarankan juga, setelah mengkonsumsi petai, diharapkan untuk menggosok gigi atau mencuci mulut agar tidak tercium bau yang sangat khas dari mulut yang kadang bisa menimbulkan rasa pusing/sakit kepala.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Manfaat Petai untuk Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora