Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Saturday 9 January 2016

Petani Jepon Blora Makin Gaul Pakai Mesin Tanam Padi

 Babinsa Koramil 02/Jepon Sertu Nyamidi bersama Sutiyo poktani Prima Jaya menanam padi, Sabtu (9/1/2016).
Blora, Harian Blora - Sistem pertanian poktani Prima Jaya Desa Geneng Kecamatan Jepon Blora sudah meranjak modern kini mengunakan mesinTransplanter (Mesin Tanam Padi) bantuan dari Pemerintah.

Dihamparan sawah seluas 3 hektar, Sabtu (9/1/2016) hanya butuh waktu 7.5 jam untuk menanam padi, keadaan ini sungguh nyata terjadi,  kini yang dilakukan Babinsa Koramil 02/Jepon Sertu Nyamidi bersama Sutiyo poktani Prima Jaya.

Di sela-sela istirahat, Danramil Jepon Kapten Inf Komari menjelaskan, cara tanam dengan menggunakan mesin tanam ini bila sudah mahir hanya memerlukan waktu 1.5 jam per hektar, ditaraf belajar masih butuh waktu 2.5 jam per hektar.

Menggunakan mesin tanam ini, selain lebih efisien waktu dan tenaga juga membuat tanaman rapi, karena secara otomatis mesin telah memisah-misah bibit dengan jumlah yang sama dan dalam garis yang sama pula.

“Dengan menggunakan sistem ini, akan memperpendek proses olah, tanam dan petik. Mulai dari persemaian hingga panen, petani akan lebih diuntungkan dengan system ini,” tandas Danramil Jepon Kapten Inf Komari

Terpisah, Sutiyo merasa senang sekali mendapat dukungan dan bantuan dari bapak-bapak TNI Koramil Jepon dalam pendampingan mengoperasikan Transplanter (Mesin Tanam Padi), meskipun masih taraf belajar bapak-bapak TNI ini hasilnya sudah lumayan bagus.

“Di samping belajar mengoperasikan mesin tanam padi sekaligus memberikan semangat dan motivasi para petani di desa kami,” pungkasnya. (Red-HB99/Pendim 0721/Blora).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Petani Jepon Blora Makin Gaul Pakai Mesin Tanam Padi Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora