Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 22 January 2016

Rakor Penjadwalan Penggunaan Transplanter

Suasana rakor
Kediri, Harian Blora - Pengalokasian dan penggunaan alsintan berupa transplanter, hand tractor, pompa air, excavator dan tracktor motor hasil hibah Pemerintah Pusat, sudah mulai digunakan dan difungsikan di tiap-tiap desa, termasuk yang berada di ruang lingkup kinerja Koramil 23/Kunjang.

Koramil Kunjang sendiri sudah mulai menata jadwal rutin penggunaan translanter yang sudah diterimakan beberapa hari lalu dari Kodim 0809/Kediri. Dari 12 desa yang berada di Kecamatan Kunjang, nantinya akan dilakukan secara bergilir dalam penggunaannya dan lebih cenderung mengutamakan yang berkepentingan sangat mendesak akan didahulukan.

“Kalau jadwal sudah tersusun rapi, nantinya seluruh desa-desa bisa secara bergantian dan bergilir menggunakannya tanpa ada batasan apapun, jadwal itu sendiri juga bukan saya yang buat ,melainkan anda (petani) yang akan menyusunnya, sesuai mana yang harus didahulukan dan mendesak” kata Danramil Kunjang Kapten Inf Sunarjo.

“Penggunaan transplanter saya bebaskan, tetapi dengan satu syarat, kalau tidak bisa menggunakannya, tolong berikan pada yang lihai dalam menggunakannya, karena tanggungjawab secara keseluruhan masih dibebankan oleh pihak Koramil (Kunjang)” tambah Kapten Inf Sunarjo, Kamis 21 Januari 2016.

Selain melakukan penjadwalan secara demokratis, pihak Mantri Pertanian bersama BPP Pertanian Kecamatan Kunjang juga memaparkan keuntungan-keuntungan menggunakan transplanter dibandingkan dengan tanam padi secara manual.

“Kedepan seluruh petani disini (Kecamatan Kunjang) harus mematuhi aturan main, jangan sembarangan dan asal-asalan menggunakannya, karena bagaimanapun juga semua itu adalah semata-mata membantu peningkatan produktifitas hasil pertanian” kata Sugito, BPP Pertanian Kecamatan Kunjang kepada pengurus kelompok tani se Kecamatan Kunjang yang hadir di balai Desa Dungus Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. (Red-HB99/Delta 7).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Rakor Penjadwalan Penggunaan Transplanter Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora