Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 27 January 2016

Petani Kedungtuban Sukses Tanam Padi Ciherang

Suasana panen raya
Kedungtuban, Harian Blora – Petani Kedungtuban, Kabupaten Blora sukses menanam padi dan memanen padi Ciherang. Kelompok Tani Sri Rahayu Desa Sidorejo Kecamatan Kedungtuban Blora sukses menanam padi jenis Sygenta / Ciherang.

Selama proses penanaman sampai panen, tidak terkena hama, baik hama tikus maupun burung emprit, dan kini mereka melakukan panen raya padi bersama, Selasa (26/01/2016).

Pj. Bupati Blora Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, MM mengingatkan kepada para petani harus bisa memanfaatkan pengairan yang ada, air di daerah sini bisa dibilang lebih dibanding daerah lain.

“Di  Kecamatan Kedungtuban adalah lumbung padi, Bupati berharap para petani jangan menjual hasil panen padi kepada tengkulak,” tegas Pj. Bupati Blora.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, MM, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf. Ariful Mutaqin beserta istri, Perwakilan dari Kementerian Pertanian Karden Mulya, Kepala Dintanbunnakikan Ir. Reni Miharti, sejumlah Asisten Setda Blora dan Staf Ahli Bupati,  Unsur Forkopimcam Kedungtuban serta gabungan kelompok tani (gapoktan) setempat, kini bersama-sama melaksanakan panen raya padi di hamparan lahan seluas 5280 hektare milik Kasirin poktani sri rahayu desa setempat.

Di sisi lain, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin Menyampaikan, kegiatan ini merupakan perintah dari Komando atas untuk mendukung dalam meningkatakan proses ketahanan pangan.

Dikatakannya, selain tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai pendamping pertanian untuk meningkatkan Upaya Khusus Pajale.

“Upaya Kodim saat ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani menggandeng Bulog agar bisa membeli padi dari petani dengan harga standar. Upaya tersebut dilakukan, sehingga para petani tidak dipermainkan oleh tengkulak,” beber Dandim Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin.

Terimakasih atas kerjasama antara kelompok tani, Babinsa dan BPL Pertanian, kata dia, sehingga pada saat pelaksanaan panen raya ini bisa dilaksanakan dengan sukses, hasil bisa melimpah kesejahteraan dapat meningkat. (Red-HB99/JN/Kodim 0721/Blora).              

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Petani Kedungtuban Sukses Tanam Padi Ciherang Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora