Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Tuesday 5 January 2016

Koramil dan Petani Kedungtuban Blora Berjamaah Basmi Hama

Suasana penyemprotan, Selasa (5/1/2016).
Blora, Harian Blora – Kegiatan yang dilaksanakan Babinsa Koramil 08/Kedungtuban, Kabupaten Blora, Selasa (5/1/2016) perlu ditiru. Sebab, bersama warga, jajaran Babinsa Koramil Kedungtuban tersebut membasmi hama di sawah milik warga.

Tanaman padi di lahan seluas setengah Hektare milik Herudin Pok Tani Sejahtera 2 Desa Pulo, Kecamatan Kedungtuban Blora, terancam gagal panen karena diserang penyakit Kresek.

Timbulnya gejala penyakit kresek, pada tanaman yang berumur kurang dari 30 hari (persemian atau awal pindah tanam), gejalanya disebut kresek dengan dicirikan daun berwarna hijau kelabu, melipat dan menggulung.

“Kondisi parah mengakibatkan seluruh daunnya menggulung, layu kemudian mati, mirip tanaman terserang penggerak batang atau tersiram air panas,” ujar Kepala UPTD Kecamatan Kedungtuban Suparman S.P.

Kerugian yang ditimbulkan akibat serangan penyakit ini, lanjutnya, cukup berat.

“Maka pengendalian hawar daun bakteri (BLB) harus dilakukan secara dini dengan memadukan semua komponen pengendalian yang memiliki kompatibilitas tinggi dengan prinsip-prinsip budidaya tanaman sehat dan pelestarian musuh alami,” kata Kepala UPTD Kecamatan Kedungtuban.

Mengantisispasi kegagalan panen, Pelda Wardoyo Babinsa desa setempat bersama Danramil 08/Kedungtuban Kapten Inf Tejo Mulyanto, Ka. UPTD kecamatan Kedungtuban Suparman S.P, PPL, Kades Soekarno serta Poktani kerja keras bersama-sama melakukan penyemprotan di lahan tersebut dengan menggunakan obat jenis PUANMUR 50 SP, Selasa (05/01/2016).

Danramil Kapten Inf Tejo Mulyanto, secara terpisah meminta kepada para petani, gunakan dan komunikasi dengan Babinsa, agar para Babinsa bisa ikut turun kesawah bersama kalian bersama-sama untuk meningkatkan upaya khusus Pajale.

“Hal ini sudah menjadi bagian tugas pokok TNI sebagai pendamping pertanian,” tukas Danramil Kedungtuban. (Red-HB99/Pendim 0721/Blora)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Koramil dan Petani Kedungtuban Blora Berjamaah Basmi Hama Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora