Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 13 January 2016

Fungsi Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Pemersatu

Kapten Czi Muklasin
Oleh Kapten Czi Muklasin
Penulis adalah Pasi Log Kodim 0809/Kediri

Negara Indonesia merupakan negara multietnik yang sebenarnya memiliki beragam masalah karena sulitnya dalam usaha mempersatukan atau mengintegrasikan seluruh masyarakat dalam satu kerangka persatuan yang utuh dan kuat.

Dengan adanya semboyan dan konsep Bhinneka Tunggal Ika sebagai dasar kehidupan masyarakat Indonesia diharapkan persatuan dan kesatuan akan tetap terjaga dan menghambat terjadinya konflik yang didasari kepentingan antar kelompok. Ada beberapa interpretasi untuk menjadikan Bhinneka Tunggal Ika lebih melekat dalam pribadi seseorang yang hidup di dalam masyarakat yang heterogen.

Pertama, dengan menerapkan identitas sosial mutual differentiation model yang harus ditanamkan pada diri setiap individu. Mutual differentiation model adalah suatu model dimana seseorang atau kelompok tertentu mempertahankan identitas asal (kesukuan atau daerah) namun secara bersamaan semua kelompok tersebut memiliki suatu tujuan bersama yang pada akhirnya mempersatukan mereka semua.

Model ini akan memunculkan identitas ganda yang bersifat hirarkis, artinya seseorang tidak akan melepaskan identitas asalnya dan memiliki suatu identitas bersama yang lebih tinggi nilainya, contoh seseorang tidak melupakan asalnya sebagai orang Minang, Batak, China atau Jawa, tapi mereka memiliki suatu kesatuan bersama yang lebih diutamakan yaitu sebagai rakyat Indonesia. Dengan demikian identitas kesukuan atau daerah lebih rendah bila dibandingkan dengan identitas nasional yang sesuai dengan makna Bhinneka Tunggal Ika dimana persatuan adalah sesuatu yang mutlak.

Kedua, terjadi pada masa kepemimpinan Ir.Soekarno. Beliau pernah melakukan usaha mempersatukan seluruh bangsa dengan berbagai semboyan seperti Ganyang Malaysia, Amerika kita Seterika, Jepang kita Panggang dan Inggris kita Linggis untuk mempertebal tali persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia dalam menghadapi musuh bersama yaitu Malaysia, Jepang, Amerika dan Inggris.

Perasaan, semangat dan tujuan seperti ini yang akan membuat masyarakat heterogen bersatu membentuk suatu identitas sosial nasional yang lebih kuat daripada kepentingan kelompok, golongan dan pribadi. Dengan mengakui dan menghormati perbedaan serta kuatnya mempertahankan ikrar satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa menunjukkan identitas sosial yang sangat baik dalam bangsa ini, sehingga dapat terjalin kerjasama antar golongan tanpa menyinggung adanya perbedaan karena memiliki suatu tujuan utama dan kebanggaan bersama atas persatuan bangsa.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Fungsi Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Pemersatu Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora