Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 20 March 2017

Datangkan Motivator dari Solo, Pelajar YPM Kembang Menangis

Suasana training motivasi MTs dan MA YPM Kembang, Dukuhseti, Pati.
Pati, Harianblora.com –  MTs dan MA Yayasan Pengembangan Madarijul Huda (YPM) Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati mendatangkan motivator dari Sukarta/Solo dalam menghadapi ujian sekolah. Dalam kesempatan itu, motivator menegaskan bahwa memohon doa restu kepada orang tua dan para guru, menjadi kunci suksenya hajat tersebut. Namun, ada pemandangan menarik karena para pelajar tersebut sempat menangis.

Ungkapan trainer dari Solo saat mengisi Training Motivasi kepada ratusan pelajar  MTs dan MA Yayasan Pengembangan Madarijul Huda (YPM) Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati tersebut memang menusuk hati. Hal itu terungkap dalam training yang dihelat dalam rangka menyambut ujian sekolah tahun 2017, baik  USBN, UAMBN maupun UN.

Ujian yang sudah di depan mata, tentunya setiap siswa harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, mulai dari siap mental maupun persiapan materi untuk menghadapi ujian tersebut. Yayasan Pengembangan Madarijul Huda (YPM) Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati menyadari bahwa dalam menghadapi berbagai  ujian tersebut  para siswa membutuhkan persiapan yang sangat matang.

Tujuannya, agar hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal. Tidak hanya berupa pembekalan materi pelajaran yang akan diujiankan nantinya. Namun, lebih dari itu yang tak kalah pentingnya adalah persiapan mental bagi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian tersebut sangat mutlak dibutuhkan.

Untuk memberikan kesiapan mental siswa menghadapi ujian tersebut, pihak Madrasah memberikan Training Motivasi. Kegiatan yang terselenggara pada pada hari Sabtu (18/3/2017) tersebut diikuti oleh 268  siswa/siswi kelas IX  MTs Madarijul Huda dan kelas XII MA Madarijul Huda. Mereka mendapat up grade mental dari trainer di aula lantai 2 gedung baru MA Madarijul Huda.

Training motivasi yang bertema “Bangkitkan Semangat untuk Mencapai Puncak Prestasi” ini diawali dengan sambutan oleh kepala MA Madarijul Huda kembang, Bapak Zainul Wafa, S.Pd.I. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dan terpagi dalam dua sesi. Sesi pagi hari untuk anak-anak  kelas XII MA Madarijul Huda dan sesi siang hari untuk anak-anak kelas IX MTs Madarijul Huda.  Masing-Masing sesi berlangsung kurang lebih selama 3 jam. Training ini terselanggara atas kerja sama Madarijul Huda dengan penerbit Erlangga.

Dalam memberikan traning motivasi, trainer dari Solo tersebut mengajak siswa untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT, memberi  kesadaran  bahwa siswa sendirilah yang memegang kendali atas pikiran,perasaan dan sikap mental atas keberhasilan ujian  yang bakal dihadapi. Karena itu siswa harus untuk meyakini bahwa mereka bisa dan mampu. Motivator juga  memberikan narasi dengan musik yang sesuai mengenai pentingnya berusaha dan memberikan usaha terbaik.

Selain itu, ia juga mengingatkan siswa tersebut untuk meminta maaf kepada orang tua dan guru-gurunya sebelum menghadapi ujian sekolah. “Orang tua lah yang menjadi semangat pertama kita. Walaupun sesibuk apapun mereka, pasti ada waktu luang untuk membuat kita sukses kedepannya melalui doa dan keringatnya, doa orang tua selalu mengalir untuk putra-putrinya. Jadi, jangan putus harapan sampai disini, berusahalah untuk meraih semua yang kita cita-citakan. Buatlah orang tua dan guru-guru kita tersenyum bahagia dengan kesuksesan kita. Mempunyai mimpi dan cita-cita adalah kunci untuk menjadi sukses, dan jangan lupa selalu meminta doa dari orangtua dan guru-guru”, ujar sang trainer.

Sejumlah siswa tampak meresapi narasi tersebut dengan khusuk hingga sebagian besar menangis dengan tersedu-sedu dan berlinang air mata. Setelah memberikan training motivasi siswa diajak untuk bermuhasabah dan berdoa bersama agar dimudahkan dalam menghadapi semuanya. Pada sesi muhasabah ini siswa terlihat menghayati dan merenungi setiap pesan yang dipimpin oleh Trainer, seluruh siswa terlihat menitikkan air matanya dan menangis dengan terisak merenungi. 

“Mari kita ingat jasa-jasa orangtua yang telah menjaga dan menyayangi kita sejak dari kita lahir sampai dalam keaadaan sekarang, selayaknya kita persembahkan hasil yang terbaik untuk orangtua dan guru-guru kita,” seru trainer diiringi lantunan musik sendu.

Di akhir kegiatan siswa saling bersalaman dengan para Bapak/Ibu guru seraya memohon maaf dan merenungi segala kekhilafannya. Mereka juga saling berpelukan dengan temannya dan siswa saling memberikan semangat kepada temannya untuk berjuang menghadapi ujian.

Traning Motivasi ini memberikan kesan yang mendalam bagi para siswa. “Setelah mengikuti Training Motivation tersebut, rasanya ada yang beda dari hari-hari sebelumnya. Mungkin karena tekad untuk berubah yng sangat besar dan motivasi yang kuat muncul dari diri kita. Dan saya berharap, perubahan ini akan tetap berlanjut di hari-hari berikutnya. Pokoknya sangat mengesankan sekali. Apalagi saat di teraphy psikology, bawaannya pengen nangis melulu,” tutur Afika salah satu peserta traning.


Jadi, motivasi ini sangat positif diberikan kepada siswa. Harapan kami siswa-siswa bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dalam ujiannya dan selalu semangat untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Membersembahkan yang terbaik untuk orang tua tercinta, para gurunya, almamater dan bangsanya. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Datangkan Motivator dari Solo, Pelajar YPM Kembang Menangis Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora