Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 13 December 2016

Clara Vincent Make Up Tawarkan Riasan China

Riasan China karya Clara Vincent Make Up
Selain riasan khas Indonesia, seperti riasan adat Jawa, Sunda, Minang, Betawi dan lainnya, kini Clara Vincent berhasil mengembangkan riasan China setelah kemarin menawarkan rias dengan konsep unik.


Ia menjelaskan, sebagai pelaku make up artist (MUA) tentunya ia sangat senang banget bisa menampilkan riasan dengan gaya yang berbagai macam dan keanekaragaman make up.

“Sebagai pelaku MUA, ini adalah tantangan tersendiri bagi saya pribadi tentunya,  di mana saya harus bisa memilah dan bisa membedakan konsep riasan yang satu dengan yang lainnya,” kata Clara Vincent kepada Harianblora.com, Senin (12/12/2016).


Tentu saja, kata Clara, riasan daerah dengan riasan konsep modern juga jauh berbeda. “Di mana konsep riasan adat daerah harus menggunakan pakem yang telah ada, contoh kecilnya yang membedakan adalah di alis, antara riasan daerah dengan riasan konsep modern yang telah dimodifikasikan,” tutur perempuan asal Jawa Timur itu.

Riasan China
Kini, Clara mencoba mengembangkan rias ala China yang telah ia praktikkan. “Riasan atau make up China contohnya, di mana bentuk alisnya adalah salah satu ciri khas yang berbeda dengan riasan yang lainnya, bentuk alis China lebuh condong keatas tarikan ujungnya serta ayliner juga sangat berpengaruh besar pada riasan China ini,” tukas dia.

Kenapa saya bilang aeyliner sangat berpengaruh, lanjut dia kepada Harian Blora, karena bentuk mata orang China kebanyakan sipit. “Di sini tantangan bagi MUA, adalah bagaimana bisa menampilkan riasan ayliner pada mata bisa kelihatan hidup dan nggak sipit,” lanjut Clara,

Ia membeberkan, selain make up, tentu saja baju,  sanggul dan asesoris sngat berpengaruh juga dalam riasan ini,  karena ini menyangkut ciri khas kebudayaan orang China sendiri yang berbeda dengan negara lainnya.

“Dalam bentuk sanggul contohnya, kebanyakan lebih menonjol ke atas dan ke samping. Dan yang tak kalah penting asesoris rambut juga ada semacam supit yang menjadi simbol tersendiri bagi masyakarat China pada umumnya. Supit adalah alat untuk makan sehari-hari masyarakat China,” tukas Clara.

Dari gaya baju, kata dia, juga lebih menonjolkan ciri khas negara China yang berbeda dengan negara lainnya yang mirip baju Japanes dan Kimono. “Itu tidak terdapat di negara lain,” papar dia.

Ia menegaskan, bahwa sebagai pelaku MUA harus terus berani bikin terobosan dengan gaya-gaya yang lain daripada yang lain. “Itu adalah tantangan tersendiri bagi saya. Alhamdulillah sejauh ini saya sudah banyak membuat gaya make up dengan berbagai macam konsep yang beda daripada konsep yang telah ada,” bebernya.

Perempuan yang suka make up ini mengakui, bahwa inovasi di dunia make up harus digalkkan karena dunia make up sangat dinamis dan tidak stagnan dan kaku.

“Tentunya saya pribadi sangat bngga dengan semua karya yang telah saya keluarkan, namun demikian saya harus tetap rendah hati dan terus belajar, belajar dan belajar,” tegas Clara.

Ia berharap, ke depan bisa semakin sukses dan mengembangkan berbagai jenis riasan dari berbagai daerah.


Harapan saya, lanjut dia, semoga ke depannya saya bisa lebih maju dan sukses sebagai seorang perias, amin. (Red-HB99/Foto: Clara).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Clara Vincent Make Up Tawarkan Riasan China Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora