Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 6 December 2016

Malam Jumat, Malam Penuh Pahala Bagi Istri

Ilustrasi
Oleh Anna Ramadhani Putri Nasution
Mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP Undip

Jum’at adalah hari terakhir dari weekdays sebelum menyambut sabtu dimana dimulainya weekend. Jumat yang merupakan hari keenam jika diitung dari minggu adalah hari yang sama dengan yang lainnya dalam anggapan yang umu. Tetapi, dalam anggapan umat islam Hari Jumat adalah sebaik-baiknya hari dan merupakan hari yang istimewa seperti sabtu bagi umat nasrani.

Berbagai macam keistimewaan Hari Jumat itu sendiri pun sudah umum diketahui oleh banyak orang. Tetapi banyak dari kalian khususnya para wanita yang telah berstatus sebagai seorang istri yang belum mengetahui begitu banyaknya pahala yang diberikan kepada seorang istri di Malam Jumat. Diantara Pahala yang bisa didapat oleh istri di Malam Jumat:


Membaca Surat Al Kahfi di Malam Jumat
Rasulullah Bersabda “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan ka’bah” (HR. AD DARIMI). Begitu banyak berkah serta pahala yang berlimpah bagi mereka yang membaca surat Al Kahfi di Malam Jumat. Bayangkan bagi seorang istri yang membaca serta mengajak suaminya untuk turut serta sunggu berlipat ganda berkah dan pahala istri tersebut. Untuk itu mengajak dan membaca surat Al Kahfi adalah salah satu yang membuat istri berlimpah pahala di Malam Jumat.


Melayani Suami dengan Penuh Kasih Sayang
“Wanita wanita, kalian yang menjadi penghuni surga adalah yang penuh kasih sayang, banyak anak, dan banyak kembali (setia) kepada suaminya yang apabila suaminya marah, ia akan mendatanginya dan meletakkan tangannya diatas tangan suaminya dan berlkata ‘ aku tidak dapat tidur nyenyak hingga engkau ridha.” (HR BUKHARI, MUSLIM DAN AHMAD). Salah satu sabda Rasulullah yang menyatakan wanita yang siap menghuni surge Allah SWT ialah yang penuh kasih sayang. Melayani suami dengan sepenuh hati adalah kewajiban seorang istri. Tetapi di malam jumat kewajiban yang biasanya seorang istri lakukan dan mendapat pahala akan dilipat gandakan dimalam ini. Karena Jumat adalah hari yang istimewa begitu juga bagi seorang istri yang mengasihi suaminya dengan penuh cinta.


Mengajak Suami Bershalawat
Rasulullah bersabda “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. MUSLIM NO.408). bershalawat adalah keharusan seorang muslim agar selalu mengingat Rasulullah. Namun, untuk istri yang bershalawat serta mengajak suaminya bayangkan ada berapa banyak pahala yang dating karena sang istri mengajak ke jalan kebaikan di hari yang penuh berkah Jumat. Untuk itu bershalawat adalah salah satu hal yang membuat istri mendapat pahala di malam jumat. Tetapi sang istri akan lebih diberkahi lagi apabila selalu dilaksanakan di setiap harinya.

Membangunkan Suami Untuk Sholat Tahajud
“Dan pada sebagian malam hari shalat Tahajjud-lah kamu..” (QS. AL ISRA’:79). Shalat Tahajud adalah sunnah yang begitu berkah dan jarang dilakukan umat islam karena shalat yang hanya dilakukan di persetiga malam. Shalat yang yang penuh berkah ini dikerjakan di malam jumat oleh seorang istri yang mengajak suaminya juga. Bayangkan begitu berlimpah dan irinya mereka yang melihat istri yang begitu hebat ini. Yang membangunkan suaminya untuk menghadap kepada-Nya ketika suaminya lupa. Maka Allah SWT member banyak pahala untuk sorang istri yang membangunkan dan bertahajud dengan suaminya di sepertiga malam jumat.


Itulah pahala yang dapat dikantongi oleh seorang istri di Malam Jumat dimana dari ke 4 hal tersebut bisa dibayangkan jika semuanya dikerjakan ada begitu banyak pahala dan kebahagaian yang didapat. Bukan hanya pahala, hal yang dianjurkan tersebut juga bisa mempererat hubungan keduanya sehingga menjadi kedua manusia yang ingat kepada-Nya serta menjadi suami istri yang sakina mawadah warohmah. (*)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Malam Jumat, Malam Penuh Pahala Bagi Istri Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora