Harian Blora menerima rilis tulisan baik berupa berita, juga opini, cerpen dan puisi. Naskah silahkan kirim ke redaksiharianblora@gmail.com

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 16 December 2016

Lewat Kamaba, Barongan Blora Ramaikan Dies Natalis UGM

Yogyakarta, Harianblora.com - Penghujung 2016 ini Barongan akan dipentaskan lagi oleh KAMABA dalam acara Dies Natalis Ke-67 UGM dan Dies Natalis ke-58 KAGAMA mewakili Jawa Tengah. Acara yang digelar oleh Universitas Gajah Mada (UGM) ini disebut NITILAKU, dimana pelaksanaannya akan digelar di sepanjang jalan dari Keraton Yogyakarta hingga berakhir di Lapangan Pancasila UGM. Rencananya, acara ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, (18/12/2016) sekitar pukul 06.00 WIB.

Barongan menjadi sebuah identitas budaya yang kuat bagi Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Yogyakarta. Berbagai event yang diikuti, KAMABA tidak pernah ketinggalan untuk mementaskan Barongan, misalnya di International Etnic Cultur, Gelar Budaya Jawa Tengah, ASEAN Islamic Summit dan msih banyak yang lain. Barongan di Blora merupakan kesenian rakyat yang masyhur, namun di luar daerah kurang begitu dikenal. KAMABA menjadi duta tidak resmi untuk mengenalkan kesenian rakyat Blora, utamanya di kota budaya Yogyakarta.

Koordinator pementasan seni barongan Blora, Fahmi Fajrul Ghalib mengungkapkan dengan rasa bangganya bahwa Kamaba Yogyakarta dapat menampilkan kesenian Blora dalam event-event besar. Hal ini merupakan sebuah tonggak untuk memperkenalkan budaya kesenian Blora yaitu Barongan Blora kepada generasi muda dan sebagai bentuk promosi kebudayaan di mata dunia.

“Kami merasa bangga menampilkan kesenian Blora, apalagi ini mewakili  Jawa Tengah dalam acara Dies Natalis UGM dan KAGAMA. Ini sebagai langkah yang bagus untuk melestarikan dan memperkenalkan kesenian Barongan Blora di mata generasi muda dan dunia.”bebernya.

Sementara itu, ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa (IKPM) Jateng Amiruddin mengungkapkan bahwa Barongan Blora merupakan kesenian yang semarak, sangat tepat untun dipentaskan di event ini. Dia menmbahkan Barong Blora menjadi wajah “Jateng Gayeng” di Yogyakarta.

“Semoga apa acara nanti dapat berjalan dengan lancar dan kami dapat memberikan penampilan yang menghibur, menambah semarak acar” jelas Amir. (Red-HB88/Nike).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lewat Kamaba, Barongan Blora Ramaikan Dies Natalis UGM Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora