Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Saturday 12 November 2016

30 Ribu Santri NU Kudus Akan Ikuti Mlaku-mlaku Barang Santri

Rapat panitia
Kudus, Harianblora.com – Agenda Mlaku-mlaku Bareng Santri (MMBS) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, direncanakan akan dilaksanakan pada Minggu (13/11/2016). MMBS ditargetkan diikuti oleh 30 ribu santri di Kota Kretek ini.

Kegiatan dengan mengenakan sarung dan peci bagi santri laki-laki, sedang perempuan memakai baju muslimah.

Acara ini juga akan dimeriahkan dengan panggung hiburan seperti tongtek, senam dzikir MA NU BANAT, fashion show dari SMK NU Banat yang mendunia, serta paduan suara an-Nahdlah dari Jakarta. Ada juga donor darah dan pengobatan alternatif dari Banser Wira Husada (Barada).

Wakil ketua PC. Gerakan Pemuda Ansor Kudus, H. Mawahib mengutarakan hal itu dalam rapat koordinasi MMBS di Kantor PCNU Kabupaten Kudus, Jum’at malam (11/11/2016). ‘’Ini merupakan puncak kegiatan hari santri yang diselenggarakan PCNU Kabupaten Kudus,’’ ujarnya.

Dia menyampaikan apresiasi positif terhadap pondok pesantren dan madrasah di lingkungan Kabupaten Kudus, yang ikut men-support kegiatan MMBS ini. ‘’Dukungan dari pesantren dan madrasah sangat bagus,’’ ungkapnya.

Wahib –sapaan akrabnya- menyampaikan, tujuan penyelenggaraan MMBS ini adalah untuk memupuk nasionalisme santri dalam bingkai kebhinnekaan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

‘’Selain itu, untuk mengenang peran dan jasa kiai dari cengkeraman penjajah, termasuk dikeluarkannya resolusi jihad oleh Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy’ari. Resolusi jihad adalah salah satu tonggak penting dalam perjuangan bangsa Indonesia,’’ tuturnya diamini M. Choirul Anam, sekretaris panitia MMBS.

Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kudus itu menuturkan, MMBS yang sekaligus untuk memperingati Hari Pahlawan, selain mengenang jasa para kiai, juga mengenang serta para pahlawan bangsa.

Menurutnya, santri harus mengisi kemerdekaan, dengan ikut mengambil peran pada pembangunan bangsa di berbagai bidang, dengan perpegang teguh pada kaidah al-muhafadlatu ‘ala al-qadim al-shalih wa al-akhdlu bi al-jadid al-ashlah. ‘’Jaga sesuatu kebaikan di masa lampau, dan  mengambil sesuatu yang baru yang lebih baik,’’ paparnya.

Sementara itu, rute MMBS yaitu dari Alun-alun Simpang 7 Kudus ke selatan melewati Jl. A. Yani, lampu merah utara Kudus Plaza (Matahari) ke barat, lalu menuju Jl. Wachid Hasyim, sampai di lampu merah Pekojan ke timur dan finish kembali di Alun-alun Simpang 7 Kudus.

Dalam kegiatan MMBS ini, panitia menyiapkan berbagai door prize yang menarik. Antara lain 1 unit sepeda motor, 5 buah sepeda gunung, 1 buah mesin cuci, 2 kompor gas. 3 buah setrika, 1 buah kultas, dan 2 buah pesawat televisi.  (Red-HB99/Hms).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 30 Ribu Santri NU Kudus Akan Ikuti Mlaku-mlaku Barang Santri Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora